Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Vol. 6 No. 4: APRIL 2023 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)

Pola Makan sebagai Faktor Risiko Hipertensi pada Pekerja : Diet as a Risk Factor for Hypertension in Workers

Rini Handayani (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul, Indonesia)
Nada Mutiara Sanni (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul, Indonesia)
Ira Marti Ayu (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2023

Abstract

Latar belakang: Hipertensi merupakan salah satu penyebab kematian di dunia. Di Indonesia, prevalensi Hipertensi pada tahun 2018 sebesar 34,1%. Di Kota Tangerang, jumlah kejadian Hipertensi mencapai 93.820 kasus. Pada tahun 2019, prevalensi Hipertensi di PT. Jalan Laut Abadi mencapai 54,5%. Tujuan: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dan kejadian Hipertensi pada pekerja bagian office di PT. Jalan Laut Abadi Tangerang. Metode: Desain penetian Cross-sectional digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian adalah seluruh pekerja bagian office di PT. Jalan Laut Abadi tahun 2020. Sampel penelitian adalah 167 pekerja bagian office di PT. Jalan Laut Abadi tahun 2020. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data hipertensi didapatkan dengan pengukuran menggunakan tensimeter dan data pola makan berupa kebiasaan mengonsumsi sayur, buah, daging merah, makanan berlemak, garam dan penyedap, makanan cepat saji, gorengan, kopi dan alkohol didapatkan dari wawancara dengan menggunakan FFQ (Food Frequency Questionnaire). Analisis dilakukan dengan uji Chi-square. Hasil: Hasil analisis menunjukkan terdapat 65,9% pekerja bagian office yang mengalami Hipertensi. Uji Chi-square menunjukkan ada hubungan antara konsumsi sayuran (p-value: 0,015), konsumsi buahan (p-value: 0,001), konsumsi makanan berlemak (p-value: 0,017), konsumsi makanan cepat saji (p-value: 0,032), konsumsi gorengan (p-value: 0,015) dan hipertensi pada pekerja. Analisis juga menunjukkan tidak ada hubungan antara konsumsi daging merah (p-value: 0,261), konsumsi garam dan penyedap (p-value: 0,765), konsumsi kopi (p-value: 0,680), dan konsumsi alcohol (p-value: 0,577) dengan hipertensi. Kesimpulan: Jadi, faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian Hipertensi pada pekerja bagian office di PT. Jalan Laut Abadi adalah konsumsi sayuran, konsumsi buahan, konsumsi makanan berlemak, konsumsi makanan cepat saji, dan konsumsi gorengan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MPPKI

Publisher

Subject

Public Health

Description

Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) periodic scientific journal that is published by Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu. with ISSN Number: 2597-6052 (Online - Electronic). This journal accepts scientific papers in the form of research articles and review ...