Journal of Education Research
Vol. 4 No. 2 (2023): JUNI 2023

Teacher's Paradigm in Interpreting the Birth of the Merdeka Curriculum Policy

Elly Retnaningrum (Universitas Langlangbuana Bandung)
Reviandari Widyatiningtyas (Universitas Langlangbuana Bandung)
Ade Risna Sari (Universitas Tanjungpura)
Heppy Sapulete (Universitas Pattimura Ambon)
Everhard Markiano Solissa (Universitas Pattimura Ambon)
I Gede Sujana (Univesitas Dwijendra)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2023

Abstract

Perubahan kebijakan pemerintah di bidang kurikulum pada kenyataannya tidak diikuti dengan pandangan atau pola pikir guru yang juga harus menyesuaikan diri. Hal itulah yang kemudian menjadi salah satu faktor dominan yang menghambat implementasi kurikulum dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui paradigma guru dalam memaknai lahirnya Kebijakan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kepustakaan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dikaji dan dianalisis secara mendalam yang disajikan dalam bentuk analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa paradigma guru dalam memaknai lahirnya Kebijakan Kurikulum Merdeka adalah dengan memahami posisi dan perannya dalam mengimplementasikan kurikulum. Peran guru dalam Kurikulum Merdeka tidak lagi hanya sebagai administrator yang disibukkan dengan tugas-tugas administratif dalam kesehariannya; guru sebagai pengembang kurikulum bertugas menganalisis, menafsirkan, dan mentransformasikan kurikulum dalam proses pembelajaran; guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber belajar, tetapi guru harus menerapkan metode pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar; dan sebagai fasilitator pembelajaran guru mengarahkan dan memberikan fasilitas belajar (directing and facilitating the learning) agar proses pembelajaran lebih memadai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...