Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Vol 5 No 2 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

UPAYA PENGEMBANGAN LITERASI SAINS SISWA BERBASIS E-BOOK

Adinda Nikmatul Maula (Unknown)
Nazwa Nasabella (Universitas Jember)
Arin Maulidiya Lajuardi (Universitas Jember)
I Ketut Mahardika (Universitas Jember)
Singgih Baktiarso (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis berupa kajian literatur pada hasil penelitian mengenai media pembelajaran sains berbasis e-book. Berbagai survei menunjukkan bahwa literasi di indinesia masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya buku. Penelitian ini dilakukan dengan metode kajian literatur untuk menganalisis keunggulan buku elektronik dalam upaya meningkatkan literasi di Indonesia. Kajian ini difokuskan kepada aspek- aspek: (1) literasi mahasiswa di Indonesia, (2) insfrastruktur dan pemanfaatan buku elektronik. Hasil kajian menunjukkan bahwa buku elektronik dapat dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan literasi sains dan literasi digital, khususnya unrtuk generasi z. selain itu, buku elektronik juga memiliki banyak keunggulan diantaranya lebih menarik, lebih mudah didistribusikan, dapat diakses dimana saja, dan lebih mudah diperbanyak atau digandakan. Pemanfaatan buku elektronik sebagai sarana peningkatan literasi di indinesia didukung pemerintah dalam menyiapkan atau mengembangkan bahan bacaan digital dan pemerataan akses internet ke seluruh wilayah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

phy

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics Other

Description

PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya diterbitkan oleh Universitas Sulawesi Barat. Terbit setiap 6 bulan (Oktobor dan ...