Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Vol 8, No 2 (2023): April

Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Sekolah Dasar

Siti Hodijah (Universitas Lampung)
Muhammad Nurwahidin (Universitas Lampung)
Dwi Yulianti (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 1 Jagabaya 1 Bandar Lampung salah satu penyebabnya ialah selama proses pembelajaran IPS guru kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat aktif dan mengeluarkan ide-ide atau kemampuan berfikir dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan responden sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Tehnik pengambilan data dengan menggunakan pengamatan (observasi) dan Tes individu yang berupa ulangan harian setiap akhir pelaksanaan siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...