Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) untuk mengetahui cara memanfaatkan teknologi yang dapat menunjang proses pembelajaran pada mata pelajaran PPKn, (2) untuk mengetahui penerapan metode hybrid learning pada siswa kelas II SDN 060921 Medan Sunggal, (3) untuk mengetahui cara meningkatkan pemahaman peserta didik dalam memanfaatkan teknologi sebagai fasilitas dan sumber belajar siswa kelas II SDN 060921 Medan Sunggal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk menganalisis penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif memperoleh data tentang bagaimana penerapan hybrid learning dalam pembelajaran PPKn yang ada di SDN 060921 Medan Sunggal. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh hasil kesimpulan: (1) proses penerapan hybrid learning pada mata pelajaran PPKn di SDN 060921 Medan Sunggal menggunakan strategi yang memanfaatkan audio visual learning dan saintifik learning, (2) faktor pendukung penerapan hybrid learning fasilitas sekolah yang sudah memadai, menambah pengetahuan dan kompetensi guru, siswa belajar mandiri, (3) sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu, siswa kurang disiplin dalam belajar, fasilitas teknologi yang tidak memadi di rumah.
Copyrights © 2023