JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
Vol 1, No 1 (2015): Mei 2015

Penerapan Model Group Investigation Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas

SMAN 3 Lumajang, Prayudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2015

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model Group Investigation dalam pelajaran Fisika, (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model Group Investigation dalam pelajaran Fisika, dan (3) mengetahui kendala yang mungkin terjadi dalam penerapan model Group Investigation. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Lumajang dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif bersifat deskriptif. Data penelitian berupa observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata 73,40 dengan daya serap 73,40% dan ketuntasan belajar 57,10% pada siklus 1, meningkat menjadi rata-rata 76,1 dengan daya serap 76,10% dan ketuntasan belajar 82,80% pada siklus 2; (2) penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat menumbuhkan respon positif siswa dengan rata-rata respon siswa 36,8 pada siklus 1 menjadi 38,7 pada siklus 2; (3) penerapan model Group Investigation dalam pelajaran Fisika mengalami beberapa kendala pada siklus 1 yaitu masih terdapatnya anggota kelompok yang kurang aktif dan ragu dalam mengemukakan pendapat.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jinop

Publisher

Subject

Education

Description

JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the ...