JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
Vol 1, No 1 (2015): Mei 2015

Kemampuan Menentukan Arah Mata Angin Pada Siswa Kelas I SD Muhammadiyah 4 Batu

Wahyuningrum, Lilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendiskripsikan penerapan permainan Treasure Hunt dalam meningkatkan kemampuan menentukan arah mata angin Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan  kelas yang terdiri dari  2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1  SD Muhammadiyah 4 Batu.  Sumber  data  primer berasal dari siswa melalui tes unjuk kerja dengan cara menghadap arah mata angin sesuai instruksi. Sedangkan sumber data sekunder adalah data nilai karakter siswa pada saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan data kuantitatif dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran di kelas, dengan menggunakan media kompas dan metode bermain Treasure Hunt terjadi peningkatan hasil evaluasi belajar baik secara individu maupun klasikal.  Hal ini terjadi karena siswa diajak bermain sambil belajar, sehingga mereka mempunyai pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan meskipun ada tugas yang harus dikerjakan. Jadi kemampuan menentukan arah mata angin pada siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 4 Batu dapat ditingkatkan melalui penerapan permainan Treasure Hunt.  Dan  penerapan  permainan Treasure Hunt dapat meningkatkan kemampuan siswa menentukan arah mata angin sebesar 18,8%  yaitu dari siklus 1 65,6% meningkat menjadi 84,4%  pada siklus 2.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jinop

Publisher

Subject

Education

Description

JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the ...