Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni

ANALISIS PROSES MORFOLOGIS ANTARA BAHASA JEPANG STANDAR DAN DIALEK KANSAI DALAM CHANNEL YOUTUBE ありさか/ARISAKAAA

Eunike Clara Legi (Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado)
Jusuf D. Ondang (Universitas Negeri Manado)
Amelia G. Somputan (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Dialek merupakan variasi bahasa yang tercipta berdasarkan kebutuhan komunikasi di dalam suatu wilayah. Dialek dapat ditemukan di berbagai negara, termasuk Jepang. Jepang sendiri memiliki bahasa standar atau 標準語 (hyoujungo) dan juga dialek di tiap daerahnya. Salah satu dialek yang ada di Jepang adalah dialek Kansai. Tujuan penelitian ini untuk memadankan dan menganalisis proses morfologis yang terdapat dari perbedaan antara bahasa Jepang Standar dan dialek Kansai. Penelitian ini disusun dalam desain penelitian deskiptif kualitatif di mana data-data yang ada dalam penelitian ini berbentuk kutipan-kutipan. Sumber data pada penelitian ini kutipan-kutipan dalam video-video di kanal YouTube ありさか/Arisakaaa. Secara khusus, peneliti berfokus pada video yang diterbitkan pada bulan Agustus 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik menyimak dan mencatat (note taking). Data yang dianalisis dengan menggunakan kajian morfologis Bahasa Jepang. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua proses morfologis yang ditemukan, yaitu Kontraksi dan Pemenggalan (clipping). Proses Kontraksi terjadi pada kata muzukashii - muzui, chigau – chau. Di sisi lain, proses pemenggalan terjadi pada ~nai - ~n.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kompetensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in ...