Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 5 No. 1 (2023): April 2023

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Berdasarkan Tingkat Self Confidence

Dewi Badriyah (Unknown)
Hanifah Nurus Sopiany (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2023

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan bagian dari keterampilan matematis yang harus dimiliki siswa karena memiliki peranan penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran matematika. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dipengaruhi banyak faktor diantaranya yaitu self confidence. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK berdasarkan tingkat self confidence. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Sehati Karawang yang terdiri dari 29 siswa. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling masing-masing akan dipilih satu siswa untuk setiap tingkatan self confidence tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket self confidence, tes tertulis, serta wawancara.  Teknik analisis data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan  menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa (1) siswa dengan self confidence tinggi memiliki rata-rata hasil tes pemecahan masalah matematis 64,58  pada kategori sedang, mampu memenuhi empat indikator pemecahan masalah  (2) siswa dengan self confidence sedang memiliki rata-rata hasil tes pemecahan masalah matematis 56,58 pada kategori sedang, mampu memenuhi 3 indikator pemecahan masalah (3) siswa dengan self confidence rendah memiliki rata-rata hasil tes pemecahan masalah matematis 53,13 pada kategori sedang, mampu memenuhi dua indikator pemecahan masalah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...