Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2023)

Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Peluang

Wullan Mutiarahman (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Sofia Edriati (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Mulia Suryani (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Bahan ajar yang tersedia belum mampu membuat siswa memahami konsep dalam matematika, terutama pada materi Peluang. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan Plomp. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar praktikalitas dan pedoman wawancara. Uji kepraktisan melibatkan 6 orang siswa kelas VIII di salah satu SMPN di Kabupaten Agam. Berdasarkan hasil penilaian, diperoleh hasil sangat valid dan sangat praktis. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis Realistic Mathematics Education pada materi Peluang sudah dapat digunakan.The available teaching materials have not been able to make students understand concepts in mathematics, especially in Opportunity material. The research aims to produce valid and practical LKPD based on Realistic Mathematics Education. The type of research used is Research and Development research about the Plomp development model. The instruments used were validation sheets, practicality sheets, and interview guidelines. The practical test involved 6 class VIII students at an SMPN in Agam Regency. Based on the results of the assessment, the results are very valid and very practical. It was concluded that LKPD based on Realistic Mathematics Education on Opportunity material can already be used.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...