Maghza: Jurnal Ilmu al-Qur'an and Tafsir
Vol 8 No 1 (2023): Januari-Juni 2023

Resepsi Masyarakat terhadap Ayat Al-Qur’an sebagai Media Penyembuh dalam Menghadapi Penyakit Perut (Kajian atas Tradisi Masyarakat Bugis Bone)

Ruslan Sangaji (IAIN Bone)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplor tentang resepsi masyarakat Bugis terhadap ayat Al-Qur’an sebagai media penyembuh dalam menghadapi sakit perut. Resepsi masyarakat terhadap Al-Qur’an merupakan penelitian living Qur’an yang akan menganalisis tentang bagaimana Al-Qur’an diterima dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari  masyarakat Bugis di Bone yang terkait dengan penggunaan ayat-ayat tertentu dalam pengobatan sakit perut.  Istilah living Qur’an merupakan istilah jenis penelitian yang hendak menggambarkan dan menganalisis cara masyarakat mempraktikkan nilai-nilai dan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Kajian ini menggunakan pendekatan deduktif yang bersifat kualitatif deskriptif. Pendekatan deduktif ini didasarkan pada pendeskripsian  bentuk penerimaan dan praktik  masyarakat  terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang diyakini sebagai ayat yang memiliki kekuatan dalam penyembuhan sakit perut. Data penelitian dikumpulkan  dengan cara observasi dan wawancara pada masyarakat Bugis Bone secara acak.  Selanjutnya akan menganalisis dari sudut pandang ilmu Al-Qur’an dan tafsir terhadap pandangan masyarakat atas praktik pengobatan yang diyakininya sebagai nilai-nilai dari ajaran Al-Qur’an. Ilmu medis telah mengalami kemajuan saat ini, akan tetapi masih terdapat pemahaman ditengah masyarakat Bugis  di Bone yang meyakini kekuatan dan keutamaan ayat Al-Qur’an yang dapat membantu masyarakat dari gangguan kesehatan. Bentuk keyakinan ini tidak sepenuhnya diperoleh melalui pengajaran yang didasarkan dari referensi atau skala informatif melainkan  hanya sekadar performatif. Makna substansi ayat yang digunakan dalam suatu praktik penyembuhan, justru tidak terlihat korelasi  di dalamnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

maghza

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Maghza: Jurnal Ilmu al-Qur`an and Tafsir concerns on publishing scientific works issuing on Qur`anic studies which specifies researches on Qur`an, its commentary, its translation, and living Qur`an. It has profound and contextual vision and maqasidi-oriented. it is published twice a year. ...