AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 12, No 1 (2023)

PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA

Dionisius Okky Pratama Putra (Universitas Negeri Yogyakarta)
Yoppy Wahyu Purnomo (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Abstrak Kemampuan numerasi adalah keterampilan yang dibutuhkan siswa, karena keterampilan numerasi membuat siswa mampu menyelesaikan permasalahan matematika yang ada di kehidupannya. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan penalaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini ialah mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada kemampuan numerasi siswa kelas V di SD Negeri 1 Karangduren. Pendekatan di dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian pre-test dan post-test. Perlakuan yang diberikan kepada siswa berupa pembelajaran numerasi dengan menerapkan langkah-langkah PMRI. Partisipan pada penelitian ini adalah 20 siswa kelas V. Pengumpulan data menggunakan tes numerasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji-t. Hasil dari uji t diperoleh nilai signifikasi (Asymp. Sig. (2-tailed)) lebih besar dari 0,05 yaitu 0,20, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Jadi, diketahui bahwa terdapat pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V di SD Negeri 1 Karangduren.Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Kemampuan NumerasiAbstract Numerical ability is a skill that students need, because numeracy skills make students able to solve mathematical problems in everyday life. The Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach is used to boost mathematical understanding and reasoning. The purpose in this study is to find out the effect of the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach on the numeracy skills of fifth grade students at SD Negeri 1 Karangduren. The approach in this study is a quantitative approach with pre-test and post-test. The treatment given to students is learning numeracy by applying PMRI. The participants in this study were 20 students who were at the grade V. The data collection using a numerical test. Data analysis was carried out descriptive statistical analysis and t-test. The results of the t-test obtained a significance value (Asymp. Sig. (2-tailed)) greater than 0.05, namely 0.20, then H0 is accepted and H1 is rejected. These results indicate that there is a significant effect in the implementation of Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) on the numeracy skills of fifth grade students at SD Negeri 1 Karangduren.Keywords: Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI), Numeracy Ability

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...