EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
Vol. 3 No. 1 (2023)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM, GOOGLE MEET DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 3 MOJOKERTO

ZAINAL ABIDIN (Universitas PGRI Adibuana Surabaya)
HARTONO HARTONO (Universitas PGRI Adibuana Surabaya)
SOEGITO SOEGITO (Universitas PGRI Adibuana Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2023

Abstract

Online learning options are a must, because online learning really helps students to improve learning outcomes and learning motivation. The research aims to determine the learning outcomes and scientific attitudes of students who are taught using Google Classroom and Google Meet learning media. The population in this study were students of class X IPS SMA Negeri 3 Mojokerto in the academic year 2020/2021. Sampling was carried out using pretest and posttest techniques, the results of data analysis showed that there was an increase in learning outcomes using google classroom and google meet for ips majors as many as 15 students, after getting pretest and posttest treatment. Students have better scores when the treatment has been carried out compared to before the treatment was carried out, so it can be concluded that Learning outcomes of students taught using learning motivation media were higher than students taught using google classroom and google meet media. That the influence of learning media with Google classroom and goolge meet as 80% relaxation techniques is effective for students of SMA 3 Mojokerto majoring in IPS in physics learning material on Newton's Law ABSTRAKPilihan pembelajaran secara Online adalah sebuah keharusan, sebab pembelajaran Online sangat membantu peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui hasil belajar serta sikap ilmiah peserta didik yang diajarkan menggunakan media Pembelajaran google Classroom dan Google Meet. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/Siswi kelas X IPS SMA Negeri 3 Mojokerto tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Pretes dan Post test, hasil analisis data menunjukkan ada kenaikan hasil pembelajaran menggunakan google classroom dan google meet terhadap siswa jurusan ips sebanyak 15 siswa, setelah mendapatkan perlakuan pretest dan posttest. Siswa memiliki nilai lebih baik saat sudah dilakukan perlakuan dibandingkan dengan sebelum dilakukan perlakuan, jadi dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan media motivasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajarkan dengan media google classroom dan google meet. Bahwa pengaruh media pembelajaran dengan Google classroom dan goolge meet sebagai teknik relaksasi 80%, efektif untuk siswa sman 3 mojokerto jurusan ips dalam pembelajaran Fisika materi Hukum Newton

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan berbantuan ...