cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalp4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
jurnalp4i@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayani, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, NTB
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
ISSN : 27970590     EISSN : 27970140     DOI : https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.431
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan berbantuan teknologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 101 Documents
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MTs NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 ZAENAL KHAYAT
EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/edutech.v1i1.162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelisik efektivitas pembelajaran dengan menggunakan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran dalam jaringan (daring) di MTs Negeri 2 Purbalingga, pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020/2021. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif pada siswa dan guru MTs Negeri 2 Purbalingga. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran daring melalui Whatsapp dan Google Classroom pada MTs Negeri 2 Purbalingga kurang efektif, karena berbagai faktor baik dari siswa maupun dari guru. Sehingga sangat diperlukan evaluasi peran guru, siswa dan orang tua dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran daring di MTs Negeri 2 Purbalaingga.
PERAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19 EMBUNG MEGASARI ZAM
EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/edutech.v1i1.176

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis secara kajian literatur mengenai pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi sebagai kunci dan penunjang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Analisis pada artikel ini menggunakan empat langkah kajian literatur, yaitu pemilihan topik yang akan direview, mencari dan menyeleksi artikel yang berkaitan dengan topik, menganalisis dan mensintesis literatur, dan mengorganisasikan tulisan. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 memberikan perubahan signifikan pada berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan salah satu bentuk penyesuaian dalam sektor pendidikan selama masa pandemi Covid-19. Pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, teknologi menjadi kunci keberlangsungan PJJ yang dapat menjadi penghubung antara pengajar dan pembelajar yang tersekat dengan jarak. Namun demikian, keberadaan teknologi akan menjadi tidak termanfaatkan jika tidak dibarengi dengan pengguna teknologi yang melek teknologi. Literasi teknologi informasi dan komunikasi mencakup segala pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi, mulai dari mengenal perangkatnya, mengoperasikannya, mengolah dan mengkomunikasikan informasi. Teknologi dan Literasi TIK memiliki peran penting dalam memperlancar PJJ, menjadikan PJJ lebih efektif, memperlancar komunikasi dan kolaborasi antara pengajar dan pembelajar, serta mendorong penggunaan teknologi yang positif yang mengedepankan etika sosial yang bertanggung jawab.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SEMESTER GANJIL MTsN 2 TANAH LAUT TAHUN PELAJARAN 2020-2021 MUHAMMAD RANI
EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/edutech.v1i1.177

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang fokus pada evaluasi pembelajaran menggunakan media online. Populasi penelitian yakni seluruh peserta didik MTsN 2 Tanah Laut yang diajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak menggunakan metode daring. Sampel penelitian yakni peserta didik kelas IX MTsN 2 Tanah Laut yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner pembelajaran daring. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan peserta didik menilai pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan media online sangat efektif (23,3%), sebagian besar mereka menilai efektif (46,7%), dan menilai biasa saja (20%). Meskipun ada juga peserta didik yang menganggap pembelajaran daring tidak efektif (10%), dan sama sekali tidak ada (0%) yang menilai sangat tidak efektif. Akhirnya, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring Akidah Akhlak selama pandemi covid-19, maka pendidik harus memenuhi sepuluh saran dari responden, yakni: (1) pembelajaran dilakukan melalui video call; (2) pemberian materi pembelajaran yang ringkas; (3) meminimalisir mengirim materi dalam bentuk video berat untuk menghemat kuota; (4) pemilihan materi dalam video harus berdasarkan kriteria bahasa yang mudah dipahami; (5) tetap memberikan materi sebelum penugasan; (6) pemberian soal yang variatif dan berbeda tiap peserta didik; (7) pemberian tugas harus disertakan cara kerjanya; (8) memberikan tugas sesuai dengan jadwal pelajaran; (9) mengingatkan peserta didik jika ada tugas yang diberikan; dan (10) mengurangi tugas.
PENGEMBANGAN APLIKASI SAKPORE DI SMK NEGERI 2 PEKALONGAN UNTUNG SUPRIYONO
EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/edutech.v1i1.181

Abstract

Sakpore adalah Sistem Aplikasi Kewirausahaan Prospektif dengan Orientasi Revolusi 4.0, sakpore merupakan startup sekaligus wahana pembelajaran peserta didik berupa perniagaan daring yang bergerak dibidang kuliner, jejamu dan keperluan rumah tangga di SMK Negeri 2 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Sistem Aplikasi Kewirausahaan Prospektif dengan Orientasi Revolusi 4.0 (Sakpore) guna Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Wirausaha Peserta Didik Kelas XI PSPT SMK Negeri 2 Pekalongan pada materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Kevalidan Aplikasi SAKPORE dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan pengguna yaitu guru dan peserta didik, diperoleh skor rata-rata 54,00 dan masuk dalam kategori sangat layak. Keefektifan media pembelajaran dilakukan dengan membandingkan hasil belajar pretest dan posttest aspek keterampilan pada Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Hasil Belajar mengalami peningkatan baik pada uji terbatas dan uji luas, yaitu dari rata-rata 73.37 menjadi rata-rata 80.68, sehingga dapat disimpulkan Aplikasi Sakpore berbasis Android sangat layak dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.
ALTERNASI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 KHUSNAINI FAUZI
EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/edutech.v1i1.188

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis media alternatif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah studi literatur atau penelitian kepustakaan dengan menggunakan sumber data primer dalam bentuk jurnal yang dicari melalui google scholar. Selain itu, didukung oleh sumber data sekunder, yaitu literatur dalam bentuk buku, website dan peraturan pemerintah yang sesuai dengan topik dan tujuan penelitian. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif, yaitu penguraian secara teratur data yang telah diperoleh, kemudian diberikan pemahaman, penjelasan dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 memiliki banyak kendala yang dialami oleh guru dan siswa. Solusi alternatifnya adalah selama pembelajaran daring guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi, sehingga proses kegiatan belajar mengajar secara online menjadi lebih efektif. Hal ini terkait dengan komunikasi dan interaksi, yaitu guru dapat menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa secara efisien. Media pembelajaran yang dapat diterapkan guru pada masa pandemi diantaranya adalah WhatsApp Group, PowerPoint, FastStone Capture, YouTube dan Google Form.
PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR SAAT PANDEMI COVID-19 NOVA ELI HERANI
EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/edutech.v1i1.193

Abstract

Mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia memberikan dampak yang signifikan pendidikan Indonesia. Kegiatan pendidikan dilaksanakan dengan daring dari rumah. Salah satu media pembelajaran yang menjadi alternatif pendidik saat pandemi Covid-19 adalah penggunaan media video pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pelaksanaan media video pembelajaran dilaksanakan di sekolah dasar selama masa pandemi Covid-19 berdasarkan perspektif pendidik. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa angket yang disebar kepada pendidik dan kajian literatur dari beberapa sumber dokumentasi valid di Sekolah Dasar SDN di Tanjungpinang Timur pada bulan Desember 2020. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan media video pembelajaran di Sekolah Dasar telah berjalan dengan baik namun ada beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring dengn menggunakan media vidio pembelajaran. Media video pembelajaran efektif dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19, karena memudahkan pendidik dalam mengajarkan materi serta memudahkan peserta didik memahami materi pembelajaran.
ANALISIS PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROMM DI MASA PENDEMI C0VID-19 MISNAN MISNAN
EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/edutech.v1i2.408

Abstract

Penelitian ini menekankan pada tinjauan ulang Pemanfaatan Pembelajaran Jarak Jauh berbasis web. yang populer dengan sebutan Web-Based Education (WBE). Di mana dengan sentuhan Tehnologi Internet. Fitur yang di teliti fokusnya adalah pemanfaatan Aplikasi google classromm sebagai media pembelajaran di masa pandemic. Berbagai macam cara untuk mendapatkan hasil optimal dari pembelajaran ini di lakukan, semisal pelatihan guru dan sejenisnya. Seperti pada jenis pembelajaran jarak jauh lainnya ternyata google classromm memiliki banyak kelebihan, namun juga terdapat kekurangan. Soal biaya , umpan balik, jaringan internet, dan beberapa hal lain masih menjadi kendala pada metode pembelajaran ini.Metode yang peneliti gunakan adalah Metode Study Literatur yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian.
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA PANDEMI BERBANTUAN VIDEO MOTIVASI SITI NURDJANAH
EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/edutech.v1i2.411

Abstract

Penguatan pendidikan karakter di era pandemi covid-19 menemui banyak hambatan. Pemberlakuan sosial distancing ternyata berdampak pada keberlangsungan program pembinaan karakter siswa. Karena kebijakan pembelajaran daring maka diperlukan media yang cocok untuk menyampaikan materi karakter kepada siswa.Salah satu media yang bisa dimanfaatkan adalah video motivasi.Penggunaan video motivasi ini diharapkan mampu menyampaiakn materi karakter agar dapat diterima, dipahami, diinternalisasi sehingga karakter siswa terbina dengan baik.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WHATSAPP GROUP (WAG) PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI MASA PANDEMI COVID-19 MULYA FAIDATUL HASANAH
EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/edutech.v1i2.425

Abstract

Covid-19 telah merubah sistem pembelajaran yang selama ini berlangusng secara konvensional dengan cara belajar di kelas, kemudian beralih pada pembelajaran daring. Pembelajaran yang biasanya dilakukan di satuan pendidikan kemudian berpindah menjadi belajar dari rumah. Whatsapp sebagai salah satu media pembelajaran online sangat familier dan sering digunakan oleh peserta didik dapat menjadi salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penggunaan whatsapp dalam pembelajaran karena aplikasi ini sangat sederhana dan menyajikan beberapa fitur yang menarik serta mudah pengoperasiannya sehingga peserta didik dapat dengan mudah belajar menggunakan aplikasi whatsapp. Selain itu, orang tua dapat terlibat dalam pemantauan belajar putra putrinya di rumah . Penggunaan aplikasi whatsapp dapat dilakukan dengan membuat group. Whatsapp Group (WAG) dapat dijadikan sebagai wadah komunikasi dan interaksi guru dengan peserta didik maupun antar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian pustaka (library research). Penelitian pustaka adalah kegiatan yang meliputi mencari, membaca, dan menelaah laporan-laporan penelitian dan bahan pustaka yang memuat teori-teori yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. Harapan dari study literatur ini mampu menunjukan efektifitas penggunaan WAG pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19.
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN DARING IPA DI MTs. NEGERI 1 OKU TIMUR HANANI HANANI
EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/edutech.v1i2.426

Abstract

Pembelajaran daring disarankan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif khususnya pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi peserta didik ketika sedang belajar di rumah. Pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis video dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA merupakan suatu pemanfaatan teknologi pembelajaran sesuai perkembangan zaman dengan upaya untuk meningkatkkan mutu pendidikan. Best practice disusun dengan tujuan untuk mengetahui manfaat media pembelajaran yang berbasis video sebagai alterntif dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA kelas VIII MTs.Negeri 1 OKU Timur . Praktek terbaik dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yaitu mulai bulan Juli sampai dengan Nopember. Karya Tulis Ilmiah ini menggambarkan tentang peningkatan minat dan motivasi dengan memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis video sebagai alternatif pada pembelajaran daring IPA. dan peningkatan nilai rata-rata peserta didik. Adapun subyek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII.1 sampai dengan VIII.7, dengan membawa perubahan yang signifikan, yaitu sebelum menggunakan video hanya 21,4% atau 48 siswa dengan memanfaatkan media yang berbasis video minat dan motivasi peserta didik meningkat menjadi 79,5% atau 178 siswa, mengalami peningkatan sebesar 58,1%. Berdasarkan minat dan motivasi belajar ternyata terdapat perubahan didalam nilai rata-rata peserta didik yaitu pada Bab I hanya dengan nilai rata-rata 52 dan terus mengalami peningkatan hingga bab VI mencapai angka 82.

Page 1 of 11 | Total Record : 101