EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 9, No 1 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Pengaruh Budaya Sekolah, Kompetensi, Dan Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Di Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara

Sri Wahyuni (Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Indra Prasetia (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Emilda Sulasmi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah dan kompetensi melalui kualitas kehidupan kerja terhadap motivasi kinerja guru SMA di Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara. Sampel dalam penelitian ini adalah 83 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara budaya sekolah terhadap motivasi kerja. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,63 yang berarti bahwa budaya sekolah memberikan pengaruh terhadap motivasi kerja sebesar 63% dan sisanya yaitu 37% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi ? = 59,448 + 2,367 X1. Pengaruh kompetensi terhadap motivasi kerja ditunjukkan koefisien determinasi R2 (R square) = 0,33 yang berarti bahwa kompetensi pengaruh terhadap motivasi kerja sebesar 33% dan sisanya yaitu 67% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan regresi ? = 59,448 + 2,002 X2. Pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap motivasi kerja ditunjukkan koefisien determinasi R2 (R square) = 0,428 yang berarti bahwa kualitas kehidupan kerja pengaruh terhadap motivasi kerja sebesar 42,8% dan sisanya yaitu 57,2% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan regresi ? = 59,448 + 1,602 X3. Pengaruh positif dan signifikan budaya sekolah (X1), kompetensi (X2), dan kualitas kehidupan kerja (X3) secara bersama-sama terhadap motivasi kerja. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,238 yang berarti bahwa budaya sekolah (X1), kompetensi (X2), dan kualitas kehidupan kerja (X3) secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap motivasi kerja sebesar 23,8% dan sisanya yaitu 76,2% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan ? = 59,448 + 2,367 X1 + 2,002 X2 + 1,602 X3

Copyrights © 2023