Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 11 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Persepsi Masyarakat terhadap Pemanfaatan Sempadan Pantai untuk Kegiatan Ekonomi dan Dampaknya bagi Lingkungan Pantai (Studi Kasus : Pantai Penimbangan)

Saut Martogi Ompusunggu (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Sarmita (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gede Astra Wesnawa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2023

Abstract

Kondisi pesisir pantai saat ini semakin mengkhawatirkan karena tidak dikelola dengan baik, tercermin dari banyaknya problematika pesisir seperti di pantai Pura Taman Sari, Pantai Indah. Rusaknya pesisir pantai merupakan ancaman serius bagi ekosistem disekitarnya bahkan cenderung merugikan manusia. Salah satu masalah lingkungan pesisir adalah pemanfaatan sempadan pantai yang terjadi di pantai Penimbangan. Untuk itu dilakukan penelitian ini dengan tujuan dengan tujuan untuk menganalisis pemanfaatan sempadan pantai di Pantai Penimbangan untuk kegiatan ekonomi, menganalisis persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan sempadan pantai di Pantai Penimbangan untuk kegiatan ekonomi dan menganalisis kerusakan lingkungan pada sempadan pantai di Pantai Penimbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sempadan pantai lebih cenderung dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, persepsi masyarakat terhadap sempadan pantai dominan sangat setuju dan kerusakan lingkungan sempadan pantai yang terjadi ialah pencemaran air dan pencemaran tanah. Tindak Lanjut penelitian ini untuk peneliti lain yaitu bagaiman persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan sempadan pantai untuk kegiatan ekonomi di daerah lain, sehingga dijadikan bahan komparasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...