KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol. 12 No. 1 (2023)

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATERI TOLAK PELURU BERSTRATEGI BLENDED LEARNING DI SMP N 3 SINGARAJA

I Gede Kembar Arthayasa (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Ketut Agustini (Universitas Pendidikan Ganesha)
Dewa Gede Hendra Divayana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2023

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran pendidikan olahraga jasmani dan kesehatan materi tolak peluru sumber belajarnya masih menggunakan video dari youtube dan buku paket sehingga menimbulkan hambatan dalam proses pemberian materi. Selain itu alat peraga berupa peluru saat pembelajaran juga masih sedikit yang menyebabkan kendala saat siswa melakukan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengimplementasikan serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media interaktif materi tolak peluru dengan model pembelajaran blended learning di kelas VIII mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP N 3 Singaraja. Pengembangan ADDIE yang terdiri tahapan analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik dengan jumlah 30 orang kelas VIIIC di SMP N 3 Singaraja. Berdasarkan hasil tahapan yang telah dilalui diperoleh produk media interaktif dnegan menggunakan teknologi Captivate yang di distribusikan melalui LMS Google Classroom dengan hasil perolehan koefisien nilai rata-rata ahli isi, ahli media dan desain sebsar 1.00 yang berada pada kriteria ‘Sangat Valid” dengan nilai efektifitas produk mendapat perolehan N-Gain sebesar 0,80 dengan kriteria “Efektif” selain itu hasil rata-rata skor responden peserta didik sebesar 62,5 dan skor responden guru sebesar yang dimana masuk kriteria “Sangat Positif”.

Copyrights © 2023