Media Komunikasi FPIPS
Vol. 22 No. 1 (2023)

Pengaruh Task-Based Learning Model terhadap Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPS

Wahyu Sumardeni (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Bagus Made Astawa (Universitas Pendidikan Ganesha)
Tuty Maryati (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa dalam pembelajaran IPS dengan tujuan untuk menganalisis pengimplementasian Task-Based Learning Model dalam pembelajaran IPS pada Kelas VIII, menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, dan menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model secara simultan terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimen semu/quasy eskperimental dengan posttest only control group design. Sampel penelitian ditentukan secara random dengan tehnik undian untuk menetapkan dua (2) dari tiga (3) kelas populasi, yaitu satu sebagai kelompok eksperimen (Kelas VIII-3) dan satu sebagai kelompok kontrol (Kelas VIII-2) setelah terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan pencatatan dokumen yang datanya kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan Kuantitatif (Manova) untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian Task-Based Learning Model yang dilakukan guru dalam pembelajaran IPS pada Kelas VIII tergolong dalam kriteria baik sekali dengan nilai sebesar 95. Selain itu, terdapat pengaruh Task-Based Learning Model secara signifikan (Fhitung 63,985 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VIII  dalam pembelajaran IPS, terdapat pengaruh Task-Based Learning Model secara signifikan (Fhitung 49,581 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS. Secara simultan terdapat pengaruh Task-Based Learning Model  yang signifikan (Fhitung 41,124 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...