Isu lingkungan telah menjadi perhatian konsumen secara global saat ini. Konsumen mulai mengubah perilaku pembelian menuju produk ramah lingkungan. Seiring dengan perubahan perilaku konsumen terhadap produk hijau, produk hijau industri kerajinan rotan memilki potensi untuk berkembang. Produsen produk hijau rotan perlu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif melalui pengetahuan tentang persepsi konsumen. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi konsumen terhadap produk hijau rotan. Lokasi penelitian berada di Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Sampel penelitian sebanyak 200 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Principle Component Analysis (PCA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap produk hijau rotan terbagi menjadi tiga faktor: produk hijau rotan memiliki kualitas yang lebih baik dan ramah lingkungan, produk hijau rotan memberikan manfaat sosial, dan produk hijau rotan menghemat energi dan sumber daya. Faktor yang paling dominan membentuk persepsi konsumen terhadap produk rotan hijau adalah kualitas produk yang baik dan ramah lingkungan.
Copyrights © 2023