JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS
Vol 11 No 01 (2023): Jurnal Managemen Agribisnis

Consumer Perception to Green Products of Rattan Handicraft

Redhana Aulia (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan)
Prima Ditahardiyani (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

Isu lingkungan telah menjadi perhatian konsumen secara global saat ini. Konsumen mulai mengubah perilaku pembelian menuju produk ramah lingkungan. Seiring dengan perubahan perilaku konsumen terhadap produk hijau, produk hijau industri kerajinan rotan memilki potensi untuk berkembang. Produsen produk hijau rotan perlu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif melalui pengetahuan tentang persepsi konsumen. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi konsumen terhadap produk hijau rotan. Lokasi penelitian berada di Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Sampel penelitian sebanyak 200 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Principle Component Analysis (PCA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap produk hijau rotan terbagi menjadi tiga faktor: produk hijau rotan memiliki kualitas yang lebih baik dan ramah lingkungan, produk hijau rotan memberikan manfaat sosial, dan produk hijau rotan menghemat energi dan sumber daya. Faktor yang paling dominan membentuk persepsi konsumen terhadap produk rotan hijau adalah kualitas produk yang baik dan ramah lingkungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

agribisnis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Agribisnis (JMA) merupakan jurnal ilmiah, memiliki konsentrasi fokus pada Pengelolaan Pertanian Agribisnis dan Kawasan Pertanian yang Berkelanjutan serta mengacu pada terminologi “Sustainable Development Goals.” Sustainable Development Goals sangat dibutuhkan dalam manajemen ...