All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 3, No 1: Maret 2023

Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Menyusun RPP K- 13 di SMP Al- Husna Marendal Pasar 3 Kec.Patumbak Kab.Deli Serdang

Tuti Ernawati (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di SMP Al- Husna Marendal Pasar 3 Kec. Patumbak Kab. Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan orang secara individual dan kelompok, dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara. Temuan peneliti menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPP sudah sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah hal ini dapat dilihat dari komponen RPP yang disusun guru sudah sesuai standar pemerintah. Dimana hal ini dapat dilihat dari komponen dalam RPP yang disusun guru sudah lengkap dan guru sudah memahami setiap komponen dalam RPP. Seperti dalam menetapkan KI dan KD guru berpedoman pada silabus, namun masih ada di antara guru PAI tersebut yang belum mampu dalam merumuskan tujuan secara operasional, dan melaksanakan analisis tugas-tugas di karenakan ada di antara mereka yang belum berpengalaman dalam menyusun RPP K- 13 Kata Kunci: Kemampuan; Guru; Menyusun; RPP K- 13

Copyrights © 2023