All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 3, No 1: Maret 2023

Pengaruh Pembelajaran Tahfizul Qur’an dan Minat Menghapal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas IV-VI Di SD IT Tahfizul Qur’an Miftahul Jannah Medan

Liza Anisa (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Halimah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Artikel ini disusun karena melihat adanya manfaat menghapal Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan menghapal Al-Qur’an serta pemahaman dan pengamalan pendidikan agama islam dalm aplikasi di lapangan. Dalam hal ini, minat peserta didik dikatakan rendah sebab kurang menitik beratkan pemahaan dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan dibuktikan pada hasil belajar yang belum optimal, dan juga masih rendahnya penerapan nilainilai Al-Qur‟an dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini yang menjadi sorotan penulis dalam menilai seberapa jauh pengaruh pembelajaran tahfidzul Qur‟an terhadap minat menghafal al-Qur‟an dan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian kuantitatif adalah upaya seorang peneliti menemukan pengetahuan dengan memberi data berupa angka. Angka yang diperoleh digunakan untuk melakukan analisa keterangan, sederhananya penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang disusun secara sistematis terhadap bagian-bagian dan untuk menemukan kausalitas keterkaitan. Metode pembelajaran al-Qur’an (X1) dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (Y) mempunyai tingkat hubungan yang tinggi dan antara minat menghafal Al-Qur’an peserta didik dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam juga mempunyai tingkat hubungan yang tinggi.Kata Kunci: Pengaruh Pembelajran Tahfizul Qur’an(;) Minat Mneghapal Al-Qur’an(;) Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.

Copyrights © 2023