DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 1 (2023): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Motivasi Dan Interaksi Sosial sebagai Determinasi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pasca Pandemic Covid-19

Anggara Dwinata (Universitas Hasyim Asy'
ari Tebuireng Jombang)

Syaipul Pahru (Institut Pendidikan Nusantara Global, Lombok Tengah)
Leny Suryaning Astutik (Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung)
Claudya Zahrani Susilo (Universitas Hasyim Asy'
ari Tebuireng Jombang)

Emy Yunita Rahma Pratiwi (Universitas Hasyim Asy'
ari Tebuireng Jombang)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa sekolah dasar setelah Pandemic Covid-19, hasil belajar siswa terlihat kurang memuaskan. Hal ini dikarenakan posisi siswa yang sebelumnya belajar secara online dan kurang adanya perhatian khusus dari orang tua terhadap proses dan hasil belajar siswa selama online. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat motivasi dan interaksi sosial siswa terhadap hasil belajar di Sekolah Dasar 2 Bangun, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek pasca Pandemic Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey dengan prosedur pengumpulan data dengan prosedur tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Data menunjukkan hasil motivasi dan interaksi sosial dengan kontribusi atau koefisien penentu sebesar 51,8% dan perolehan F-hitung sebesar 25,347 > F-tabel sebesar 3,195, serta ditinjau dari nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,00 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan interaksi sosial memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar pada pembelajaran tematik pasca pandemic Covid-19 setelah melalui proses pembelajaran secara langsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...