Dalam enjalankan sebuah bisnis, khususnya di bidang F&B (Food and Beverage), strategi dalam mengatur manajemen persediaan menjadi hal utama yang harus dipersiapkan secara matang oleh seluruh pelaku UMKM. Manajemen persediaan merupakan kunci dari proses bisnis yang meliputi proses pengadaan bahan baku sehingga dapat memenuhi kebutuhan untuk proses operasional sebuah usaha yang dijalankan oleh pelaku UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kreatif praktik manajemen persediaan yang dilakukan oleh para pelaku UMKM. Dengan jangka waktu berjalannya usaha yang tergolong masih dalam proses pengembangan, maka pelaku usaha harus lebih memperhatikan strategi yang tepat untuk UMKM tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah hasil wawancara dan observasi. Dengan indikator perencanaan anggaran, pemenuhan bahan baku hingga pelaksanaan dan pelaporan pengelolaan persediaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku UMKM telah menerapkan perencanaan anggaran dan persediaan dengan cukup baik, namun pelaksanaan dan pengendalian dalam proses pemenuhan bahan baku belum dilakukan secara optimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan sumber daya manusia, serta jangkauan jaringan yang terbatas.
Copyrights © 2023