Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2023): April : Jurnal Bahasa dan Pendidikan

KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP

Sylvi Tri Andani (Universitas Negeri Padang)
Dewi Anggraini (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2023

Abstract

Keterampilan menulis dikenal sebagai kegiatan yang amat penting di dalam pembelajaran bahasa Indonesia, salah satunya keterampilan dalam menulis teks berita. Berita sebagai sumber informasi yang sangat penting, diharapkan siswa dapat membedakan mana berita yang benar dan mana berita yang hoaks, terutama pada era digital saat sekarang ini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemampuan siswa dalam menulis teks berita tergolong minim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah sebanyak 22 orang siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah sebanyak 22 orang siswa mempergunakan teknik total sampling. Pengumpulan data-data dilakukan melalui tes unjuk kerja. Berdasarkan pada perolehan dan pengolahan data-data penelitian, didapatkan hasil yaitu tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung berada pada rentang 66-75 dalam skala 10 dengan nilai 75,38. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks berita siswa berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pustaka

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS. Jurnal ini adalah Jurnal Bahasa dan Pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial ...