Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan sustainability literacy pada siswa terdampak gempa bumi. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pre-experimental (non-desain) one shot case study. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN 1 Sukamaju Cianjur yang berjumlah 6 peserta didik. Topik pembelajaran yang disampaikan yaitu mengenai pengelolaan sampah. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan Project Based Learning pada Topik Pengelolaan sampah menunjukkan adanya perubahan dari hasil belajar yang telah siswa lakukan. Hal ini dibuktikan dengan signifikansinya thitung 15,181 ttabel 2,015. Selain itu dapat dilihat juga pada hasil belajar diatas dengan perbandingan kriteria nilai kelulusan minimalnya adalah 70 dengan mean difference 65,000. Pemahaman siswa dalam melakukan setiap kegiatan untuk mengelola sampah ini sudah tinggi, dibuktikan dengan hasil penilaian rata-rata yang diperoleh oleh siswa yakni 100, selain siswa dapat memahaminya, siswa juga dapat menjelaskan kembali dengan kriteria sangat tinggi dibuktikan dengan hasil penilaian rata-rata yang diperoleh oleh siswa yakni 87,5.
Copyrights © 2023