Jurnal Signal
Vol 11, No 1 (2023): JURNAL SIGNAL

MODEL KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA TEGAL DALAM PENYEBARAN INFORMASI MENGENAI VAKSINASI

Akhmad Habibullah (Universitas Pancasakti Tegal)
Muhammad Rizky Abdillah (Universitas Pancasakti Tega
)

Erny Rosyanti (Universitas Pancasakti Tegal)
Aulia Kartika Putri (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penyebaran informasi mengenai vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah Kota Tegal sangat penting, dikarenakan sejalan pada PERMENKES RI nomor 84 tahun 2020 terkait pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemik covid-19 yang sudah terkendali dengan baik, diperlukannya model komunikasi pemerintah kota Tegal untuk menekan tingginya penyebaran informasi hoax atau perlawanan kepada pelakasanaan vaksin. Diharapkan masyarakat umum kemudian bersedia menjalani pelaksanaan vaksin, yang kemudian bisa memberikan penekanan jumlah pasien yang terkena ataupun meninggal dikarenakan Covid-19. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana Model Komunikasi Pemerintah Kota Tegal Dalam Penyebaran Informasi Mengenai Vaksinasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data menggunakan analisis Nvivo untuk mendapatkan hasil analisis yang sistematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model komunikasi Pemerintah Kota Tegal yang digunakan adalah model Komunikasi linear (satu arah), dalam penyebaran informasi yang dilakukan yaitu dengan sosialisasi melalui website, radio, dan media social berupa instagram yang sering di gunakan dalam menyebarkan informasi mengenai vaksinasi karena penyebaran informasi mengenai Vaksinasi di Kota Tegal sudah terbilang sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Signal

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

URNAL SIGNAL diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Jati. JURNAL SIGNAL tujuannya merupakan kumpulan karya tulis ilmiah hasil riset maupun konseptual bidang Ilmu Komunikasi dengan ruang lingkup Public Relations, Manajemen Komunikasi, ...