Journal of Language Learning and Research (JOLLAR)
Vol 5 No 2 (2022)

KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS V MI AL-ISLAMIYAH DEPOK

Lisa Fauziyah (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara minat belajar dengan kemampuan membaca kritis siswa kelas V MI Al-islamiyah Depok. (2) untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa. (3) untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa kelas V MI Al-islamiyah Depok. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V A dan B yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan kemampuan membaca kritis, di mana sebesar 0,610, sedangkan dengan N= 39 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,316. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa, di mana sebesar 0,708, sedangkan dengan N= 39 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,316. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa, di mana sebesar 0,783, sedangkan dengan N= 39 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,316.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jollar

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BIOEDUSCIENCE is a scientific journal in collaboration with the Association of Lecturer in Biology, Biology Education in Indonesia and Biology Association of Indonesia. This journal encompasses original research articles and short communications in the major of biology education and biology ...