Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa pendidikan Sosiologi
Vol 3, No 1 (2023): April 2023

ANALISIS GENDER (Studi Pembagian Peran Domestik Pada Keluarga Petani Di Desa Banua Hanyar Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah)

Noorahayu Noorahayu (Universitas Lambung Mangkurat)
Yuli Apriati (Universitas Lambung Mangkurat)
Laila Azkia (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pembagian peran dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga (2) pembagian peran dalam mengasuh anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling, dengan enam orang informan terdiri dari tiga keluarga. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pembagian peran dalam pekerjaan rumah tangga terbagi menjadi dua yakni ada pekerjaan rumah tangga yang dikerjakan bersamasama dan pekerjaan rumah tangga yang dikerjakan masing-masing. Pekerjaan rumah tangga yang dikerjakan bersama-sama dan masing-masing seperti memasak, mencuci baju dan membersihkan rumah. (2) pembagian peran dalam mengasuh anak. Pembagian peran dalam mengasuh anak juga terbagi menjadi dua yakni, pengasuhan anak yang dikerjakan bersama-sama dan pengasuhan anak yang dikerjakan masing-masing. Pembagian peran dalam mengasuh anak ini berupa mengantar dan menjemput anak sekolah, membantu anak mengerjakan tugas, serta mengajar anak mengaji. Pembagian peran domestik dalam setiap keluarga petani berbeda-beda, hal ini tergantung kebiasaan dan kesepakan yang dibuat antara suami dan istri..

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtamps

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JTAMPS merupakan kumpulan artikel/jurnal hasil penelitian skripsi mahasiswa di bidang pendidikan, Sosial, dan budaya yang belum pernah dimuat/diterbitkan di media ...