Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 3, No. 1, April 2023

Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar

Farhana Ifrida (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Miftakhul Huda (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Harun Joko Prayitno (Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Eko Purnomo (Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sujalwo Sujalwo (Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di SD Negeri Geneng 01. Sekaligus untuk mendeskripsikan penerapannya agar efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil pelaksanaan program peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Data diperoleh melalui proses pengamatan dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan literasi dan numerasi penting untuk dikuasai siswa sejak di jenjang sekolah dasar agar lebih mudah dalam memahami rumpun ilmu lainnya dan sebagai bekal melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi. Program yang efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa adalah program literasi pagi, les tambahan, pojok baca, serta program menghidupkan perpustakaan dan mading sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...