Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atmosfer yang seperti apa yang dipertimbangkan oleh para pelanggan sebelum mengunjungi kafe di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Pada pendekatan kualitatif melibatkan 27 narasumber yang menghasilkan data terkait persepsi pelanggan pada atmosfer bisnis kafe di Surabaya yang menjadi pertimbangan mereka ketika akan berkunjung ke sebuah kafe, yaitu antara lain pada variabel eksterior, interior, serta desain & penataan ruangan. Pada variabel eksterior terdiri dari area pintu masuk, kaca bangunan, ukuran/luas bangunan, kondisi area bagian luar, dinding bagian luar & ketersediaan tempat parkir. Pada variabel interior berupa skema warna, pencahayaan, musik, aroma, suhu & kebersihan. Sedangkan pada variabel desain & penataan ruangan mencakup properti dan hiasan yang dipajang, pajangan produk kafe, penempatan area kasir, spot foto dan tema tertentu. Kemudian pada pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 responden, ditemukan hasil bahwa keseluruhan indikator pada varibel eksterior, interior, serta desain & penataan ruangan mendapatkan skor yang cukup tinggi yang berarti indikator-indikator tersebut dianggap menjadi pertimbangan responden sebelum melakukan kunjungan ke sebuah kafe di Kota Surabaya.
Copyrights © 2023