Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi suatu negara. Namun, banyak UMKM yang usahanya tidak dapat berlanjut di masa pandemi COVID-19 akibat dampak kebijakan pemerintah yang membatasi ruang gerak masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana usaha mikro subsektor desain produk dapat bertahan selama pandemi COVID-19. Strategi penelitian ini menggunakan studi kasus dan metode kualitatif. Pendekatan ini digunakan untuk memahami pengalaman pemilik bisnis dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Sebanyak tiga narasumber dipilih berdasarkan jenis usaha di bidang desain produk yang telah berjalan selama lebih dari enam bulan. Hasil penelitian berupa transkrip wawancara yang dikodekan secara manual dan dianalisis untuk melihat sejauh mana pengusaha mikro memenuhi faktor keberhasilan berdasarkan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh narasumber telah melaksanakan hampir semua aspek keberhasilan kecuali kinerja sosial dan lingkungan. Temuan ini menunjukkan bahwa belum ada kesadaran untuk menjalankan bisnis dengan mempertimbangkan faktor sosial dan lingkungan. Hasil penelitian ini sebagai bahan evaluasi bagi para pengusaha mikro agar dapat mengembangkan usahanya secara optimal.
Copyrights © 2023