Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Vol. 2 No. 02 (2023): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren

Metode PAIKEM untuk Meningkatkan Minat Baca: Studi Kasus pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama

Wilfrida Leltakaeb (SMP Negeri Satap Oehoma)
Maria Ermilinda Dua Lering (IKIP Muhammadiyah Maumere)
Lodovikus Lombo (SMPN Satap Mbaing Tasik)
Rimasi (IKIP Muhammadiyah Maumere)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat baca dari peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satap Oehoma, Nusa Tenggar Timur ketika menggunakan metode PAIKEM dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena dapat menggambarkan dan atau mendeskripsikan karakteristik dari fenomena. Metode PAIKEM dipilih untuk mengetahui minat baca karena metode ini menjadikan peserta didik aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan materi pembuatan dan mewarnai slogan, membuat piramida cerita, membaca fabel, dan permainan menemukan istilah. Pelaksanaan metode ini ternyata membuat minat membaca peserta didik menjadi lebih baik sepuluh peserta bisa membaca, enam dari lima belas peserta didik belum lancar membaca dua puluh peserta didik memiliki kemauan untuk membaca dan belajar membaca, lima peserta didikĀ  butuh motivasi lebih.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PBPSP

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, ...