Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks narasi menggunakan media puzzle pada siswa kelas VII SMPN 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMPN 1 Liliriaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 1 Liliriaja sejumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes menulis teks narasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII A SMPN 1 Liliriaja meningkat dengan menggunakan media puzzle. peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil observasi dan nilai rata-rata keterampilan menulis teks narasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Nilai rata-rata juga meningkat dari 51,38 pada prasiklus menjadi 53,84 pada siklus I dan 71,84 pada siklus II. Kata kunci: kemampuan menulis teks narasi, media puzzle.
Copyrights © 2023