Indonesian Journal of Digital Public Relations
Vol 1 No 1 (2022): Agustus

STRATEGI APLIKASI “SUPER” DISKOMINFO KOTA SUKABUMI SEBAGAI SARANA PENGADUAN MASYARAKAT KOTA SUKABUMI

Safana Aura Nadiva (Universitas Telkom)
Intan Primasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Diskominfo Kota Sukabumi memiliki aplikasi SUPER (Sukabumi Participatory Responder) sebagai sarana masyarakat kota Sukabumi dalam melakukan laporan pengaduan ataupun aspirasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai strategi yang dilakukan Diskominfo terkait dengan hadirnya inovasi aplikasi SUPER sebagai sarana pengaduan masyarakat kota Sukabumi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Peneliti menggunakan konsep manjemen strategi public relations oleh Cutlip, Center, dan Broom dalam buku Effective Public Relations, mengenai teori empat Langkah proses Public Relations (2005 : 268) yaitu membahas terdapat analisis situasi, membuat rencana dan program, berindak dan berkomunikasi, dan evaluasi program. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi aplikasi SUPER Diskominfo kota Sukabumi sebagai sarana pengaduan masyarakat kota sukabumi sudah dilakukan dengan baik oleh Diskominfo kota Sukabumi melalui sosialisasi secara online dan offline, pengelolaan, juga pengembangan aplikasi SUPER.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJDPR

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Jurnal of Digital Public Relations (IJDPR) adalah jurnal ilmiah yang terbit secara periodik yang bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perpektif, paradigm, dan metodelogi yang fokus pada kajian public relations. Ruang lingkup (scope) dari kajian jurnal ini adalah: Public Relations ...