Education & Learning
Vol. 1 No. 2 (2021)

Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran PAI

Daeng Lufti Azizan (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam dan Humaniora, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)
Rico Mahendra (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam dan Humaniora, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)
Shintia Dinda Pitaloka (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam dan Humaniora, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)
Muthia Syahrena Zein (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam dan Humaniora, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)
Halimah Syafira Irwanmay (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam dan Humaniora, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)
Dini Nur Hidayah (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam dan Humaniora, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh realita adanya seorang guru dalam melakukan pengajaran yang hanya menjalankan kewajiban dan tugasnya sebagai seorang pendidik (guru) tidak mempunyai kemampuan/skill dan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik (guru), untuk lebih meningkatkan kreativitas siswa, sehingga tercapainya tujuan baik tujuan Nasional maupun tujuan sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru PAI dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran PAI. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk meningkatkan kreativitas siswa sehingga prestasi siswa dapat di tingkatkan, (2) Untuk menghasilkan metode, cara, ide, serta upaya dalam mengembangkan kreativitas siswa sehingga situasi pembelajaran lebih hidup dan lebih menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengembangan kreativitas siswa pada mata pelajaran PAI dapat dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, serta tugas. Adapun media yang bisa digunakan yaitu infokus, powerpoint, dan wifi. Sedangkan metode yang dapat digunakan guru PAI yaitu jig saw learning the power of two dan praktik. Lingkungan sekolah yang baik juga seharusnya mendukung pelaksanaan pembelajaran kreativitas guru PAI dengan memberikan kelengkapan baik sarana maupun prasarana. Keterampilan – keterampilan yang dimiliki oleh siswa meliputi : keterampilan membaca Al – Qur’an dengan baik, membuat kaligrafi dan hiasan, membuat acara serta kegiatan keagamaan lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Education & Learning is a peer-reviewed journal published by the Medan Resource Center. The journal aims to facilitate academic articles and scholarly writings on empirical research in the field of education. The journal emphasizes the importance of appreciating the interplay of local, national, ...