JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA
Vol 1, No 1 (2022): JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Produk Olahan Buah Belimbing Wuluh Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan

Ni Putu Evy Puspita Dewi (Universitas Dhyana Pura)
I Putu Pranatha Sentosa (Unknown)
Ni Made Erpia Ordani Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas produk dan inovasi produk olahan buah belimbing wuluh terhadap minat beli konsumen dalam mata pelajaran kewirausahaan. Jenis penelitian ini adalah penilitian asosiatif kuasal dengan teknik kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah porposive sampling dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Tata Boga 1 di SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung yang berjumlah 33 orang. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil dari penelitian ini bahwa kreativitas produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan persentase 82,2%. Inovai ptoduk berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan jumlah persentase 83,1% dan kedua variabel tersebut berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat beli konsumen dengan persentase 52,1% dan 47,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa terdapat pengaruh antara kreativitas dan inovasi produk olahan buah belimbing wuluh terhadap minat beli konsumen pada mata pelajaran kewirausahaan.Kata kunci: Kreativitas produk, inovasi, kewirausahaan, belimbing wuluh, minat beli.AbstractThis study aimed to determine the effect of product creativity and innovation of belimbing wuluh processed products on consumer buying interest in entrepreneurship subjects. This type of research is causal associative research with quantitative techniques. The sampling technique used is purposive sampling by the research subjects being students of class XI Catering number 1 at SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung, with the total of 33 students. The analysis technique used is multiple linear regression to determine the relationship between the independent and the dependent variable. The result of the research was that product creativity affects consumer buying interest with a percentage of 82.2%. Product innovation created the consumer buying interest with a total ratio of 83.1%, and the two variables simultaneously affected consumer buying interest with a percentage were 52.1% and 47.9% influenced by other variables. The conclusion was that there was an influence between creativity and innovation of processed belimbing wuluhproducts on consumer buying interest in entrepreneurship subjects.Keywords: Product creativity, innovation, entrepreneurship, belimbing wuluh, buying interest.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jakadara

Publisher

Subject

Arts Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomika, Bisnis, dan Humaniora (JAKADARA) adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Dhyana Pura, Bali. Jakadara merupakan jurnal yang terbuka untuk umum dan ditinjau oleh pihak terkait yang merupakan media diseminasi hasil ...