cover
Contact Name
Dermawan Waruwu
Contact Email
dermawanwaruwu@undhirabali.ac.id
Phone
+6281338665028
Journal Mail Official
jakadara@undhirabali.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Padangluwih, Tegaljaya, Dalung, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Indonesia
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA
ISSN : -     EISSN : 29630924     DOI : -
Jurnal Ekonomika, Bisnis, dan Humaniora (JAKADARA) adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Dhyana Pura, Bali. Jakadara merupakan jurnal yang terbuka untuk umum dan ditinjau oleh pihak terkait yang merupakan media diseminasi hasil penelitian para ilmuwan di bidang Ekonomi, Bisnis dan Humaniora. Jakadara diterbitkan tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Jakadara menerima manuskrip dalam berbagai topik meliputi: manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen strategis, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, e-bisnis, manajemen pengetahuan, akuntansi manajemen, sistem kontrol manajemen, sistem informasi manajemen, akuntansi, bisnis internasional , ekonomi bisnis, etika bisnis, pariwisata, pariwisata berkelanjutan, sosial budaya, kewirausahaan, pengembangan anak, pendidikan kurikulum, teknologi pendidikan, filosofi pendidikan, pendekatan pendidikan, bahasa Inggris, linguistic, dan sastra. Journal on Economic, Business and Humanities (JAKADARA) is an national journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Dhyana Pura, Bali. Jakadara is an open access and peer-reviewed journal, which is a dissemination medium for research result from scientists in the field of Economic, Business and Humanities. Jakadara is issued three times a year on April, August, and December. The Jakadara invites manuscripts in the various topics include functional areas of marketing management, finance management, strategic management, operation management, human resource management, e-business, knowledge management, management accounting, management control system, management information system, accountancy, international business, business economics, business ethics, tourism, sustainable tourism, social and cultural, entrepreneurship, child development, curriculum education, education technology, philosophies of education, education approach, teaching and learning of english, linguistics, and literature.
Articles 138 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental Ni Putu Dewi Dharmayanthi; Ni Made Erpia Ordani Astuti; I Putu Pranatha Sentosa
JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA Vol 1, No 1 (2022): JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.886 KB)

Abstract

AbstrakTujuan  penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan  yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII JB 1 di SMK Wira Harapan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus I kreativitas siswa memperoleh persentase rerata 68% mengalami peningkatan 14% dengan persentase rerata 82% pada siklus II. Hasil Belajar siswa siklus I memperoleh persentase rerata 79,94%  mengalami peningkatan 3,22% dengan persentase rerata 83,16% pada siklus II. Ketuntasan klasikal siswa persentase rerata 50% pada siklus I mengalami peningkatan 50%  menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Project Based Learning mampu meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental.AbstractThe aim of this study was to determine the increase in creativity and student learning outcomes through the application of the Project-Based Learning model. The research used is Classroom Action Research conducted through cycle I and cycle II. The sampling technique used is purposive sampling. The sample in this study were students of class XII JB 1 at SMK Wira Harapan. The technique of analyzing data was descriptive qualitative. The results of the first cycle of student creativity obtained an average percentage of 68%, an increase of 14% with an average percentage of 82% in the second cycle. Student learning outcomes in the first cycle obtained an average percentage of 79.94%, an increase of 3.22% with an average percentage of 83.16% in the second cycle. The average percentage of students' classical mastery in the first cycle increased from 50% to 100% in the second cycle. Based on the results, it can be concluded that the application of the Project-Based Learning model was able to increase creativity and student learning outcomes in the subjects of Processing and Serving Continental Food.
A Study of Pragmatics on Deixis Used in Promotional Videos of Bali on YouTube Clarissa Arnolia Elshanora; Ni Made Diana Erfiani; Km Tri Sutrisna Agustia
JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA Vol 1, No 1 (2022): JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (900.53 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis deiksis yang ditemukan pada video promosi Bali. Data yang dikumpulkan adalah dari video-video YouTube tentang Bali yang dianalisis dengan menggunakan teori Levinson (1983). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memperoleh dan menjelaskan data primer. Temuan yang muncul dari penelitian ini: lima jenis deiksis yaitu deiksis persona, deiksis tempat, deiksis waktu, deiksis wacana, dan deiksis sosial. Deiksis persona paling banyak digunakan dalam jenis deiksis dengan 43 data yang ditemukan pada video-video promosi Bali di YouTube. Kata kunci: Jenis deiksis, video promosi, youTubeAbstractThe aim of this research is finding the types of deixis found in the promotional videos of Bali. The data were collected from YouTube videos about Bali which were analyzed using Levinson's theory (1983). The study using descriptive qualitative to obtain, gain and explain the primary data. The findings emerged from this study is that the five types of deixis namely person deixis, place deixis, time deixis, discourse deixis, and social deixis were found. Person deixis is mostly used in the types of deixis with 43 data found in the promotional videos of Bali on YouTube. Keywords: Types of deixis, promotional videos, youTube
Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Universitas Dhyana Pura Berinvestasi di Pasar Modal Elrica Halim; Ni Luh Putu Sri Purnama; Putu Aristya Adi Wasita
JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA Vol 1, No 2 (2022): JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA (JAKADARA)
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.468 KB)

Abstract

AbstrakStudi ini mempergunakan model penelitian kuantitatif. Mahasiswa Prodi Akuntansi dan Manajemen Keuangan FEBH UNDHIRA yang telah lulus mata kuliah Pasar Modal dipilih sebagai populasi dalam studi ini. Studi ini menggunakan 80 Mahasiswa sebagai sampel. Metode kuesioner dipergunakan dalam menarik data pada studi ini. Adapun uji validitas serta uji reliabilitas dipakai sebagai analisa pengujian instrumen. Pengujian asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana serta analisis regresi linier berganda dijadikan model analisis data pada studi ini. Didapat hasil bahwasanya motivasi serta pengetahuan investasi bersamaan memengaruhi minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa FEBH UNDHIRA secara positif signifikan, dapat dilihat pada Fhitung senilai 54.195 serta probabilitas senilai 0,000. Senilai 57.4% variabel independent secara bersamaan memengaruhi variabel dependen serta variabel lainya memengaruhi senilai 42,6%.Kata kunci: Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Minat Investasi                                                 Abstract To collect the data by using a questionnaire method. The research design is quantitative. The population was students of the Undergraduate Program in Accounting and Financial Management, FEBH UNDHIRA, who had passed the Capital Market course. The sample was 80 students: the data analysis technique s classical assumption, simple linear regression analysis, and multiple linear regression analysis. Investment motivation and knowledge simultaneously have a significant positive effect on interest in investing in the capital market in FEBH UNDHIRA students, as evidenced by an F-count of 54,195 and a probability of 0.000. The independent variables jointly affect the dependent variable by 57.4%, and other variables influence the remaining 42.6%.Keywords: Investment Knowledge, Investment Motivation, Investment Interest 
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Pondok Bagus Canggu, Bali I Made Bagus Widiastra; Sidhi Bayu Turker; I Made Darmayasa
JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA Vol 1, No 1 (2022): JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.72 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kesesuaian harga secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Gourmet Cafe Petitenget. Populasi menggunakan konsumen Gourmet Café Petitenget dan sampel sebanyak 97 responden. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 26 for windows. Hasil penelitiannya yaitu : (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, dimana diperoleh nilai t-hitung 3,558, nilai koefisien regresi 0,332 dan signifikansi 0,001. (2) kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, dimana diperoleh nilai t-hitung 3,600, nilai koefisien regresi 0,277 dan signifikansi 0,001. (3) harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, dimana diperoleh nilai t-hitung 2,974, nilai koefisien regresi 0,401 dan signifikansi 0,007. (4) secara simultan kualitas pelayanan, kualitas produk dan kesesuaian harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dimana diperoleh nilai F-hitung 38,954, persamaan regresi sebesar Y = 2,015 + 0,332X1 + 0,277X2 + 0,401X3 dan signifikansi 0,000. Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap kepuasan konsumen adalah 54,3%. Abstract This research aims to determine the effect of service quality, facilities, and location as partially and simultaneously on guest satisfaction. It was conducted at Pondok Bagus Canggu, and data collected from 100 of staying guest at Pondok Bagus Canggu. The data analysis technique uses Validity Test, Reliability Test, Classical Assumption Test, Multiple Linear, Regression Analysis, Partial Correlation Analysis, Multiple Correlation Analysis, Determination Test Coefficient, F-Test, and T-Test. The research resulted that service quality has a positive significant effect on guest satisfaction, where the T-count value of 2,879, the regression coefficient value is 0.346, and significance of 0,005. The facilities have a positive significant to the guest satisfaction, where the T-count value of 4,570, the regression coefficient value of 0.640, and significance of 0.000. The location has a positive significant to guest satisfaction, where T-count value of 3,163, regression coefficient value of 0,356, and significance of 0.002. Simultaneously the service quality, facilities, and location have significant effect to guest satisfaction, where the T-count is 41,610, regression equation is Y = 3,411 + 0,346X1 + 0,640X2 + 0,356X3 and significance is 0,000. The result of 54,3% shows the influence degree of the independent variable on guest satisfaction.
Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Tehadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tata Hidang di SMK Wira Harapan Ni Made Dwika Andirasari; Ni Made Erpia Ordani Astuti; I Putu Pranatha Santosa
JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA Vol 1, No 1 (2022): JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.988 KB)

Abstract

AbstrakTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Creative Problem Solving pada mata pelajaran tata hidang di kelas XI JB 4 SMK Wira Harapan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tata hidang kelas XI JB 4 SMK Wira Harapan yang terletak di Jalan Padang Luwih, Tegaljaya, Desa Dalung, Kuta Utara, Kabupaten Badung. Metode pengambilan Sampel menggunakan  total sampling dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 11 perempuan dan 22 laki-laki. Hasil penelitian mengemukakan bahwa Creative Problem Solving yang dilaksanakandi kelas XI JB 4 SMK Wira Harapan telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Melalui penerapan model pembelajaran creative problem solvingpada siklus I terjadi perubahan nilai sebesar 69,54%, peningkatan aktivitas pembelajaran sebesar 75%.Kata kunci: Creative Problem Solving(CPS), Aktivitas belajar siswa, Hasil belajar siswa.  AbstractThis research aims to determine the increase in students’learning activities and the students’outcomes through Creative Problem Solving model in Food Service Subject in class XI JB 4 SMK Wira Harapan Vocational High School. It uses Class Action Research which is implemented in a class with the goal of increasing activities and students outcomes in Food Service Subjects in a class of XI JB 4 in Wira Harapan Vocational High School that is located in Padang Luwih Street, Tegaljaya, Dalung Vilage, Kuta Utara, Badung Regency. Sampling method is using total sampling with a total of 33 students consisting of 11 girls and 22 boys. The research found that Creative Problem Solving held in class of XI JB 4 at SMK Wira Harapan has succeeded in increasing students’learning activities and students’learning outcomes. Through the CPS nodel implementation in first cycle, there is value change of 69,54%, an increase in learning activities 75%. Through CPS in first cycle there is an average value change of 84,03% with the 80% completion and in second cycle there is 93,93% completion of learning outcomes increase.Keywords: Creative Problem Solving, Students’ Learning Activities, Students’ Learning Outcomes
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Dhyana Pura Memilih Profesi Karir Akuntan Publik Ni Kadek Nopiani; Rai Gina Artaningrum; Putu Aristya Adi Wasita
JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA Vol 1, No 2 (2022): JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA (JAKADARA)
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.191 KB)

Abstract

AbstrakDi seluruh Indonesia, mahasiswa Fakultas Ekonomi sangat membutuhkan tenaga profesional akuntansi. KAP, lembaga pemerintah, perusahaan besar, dan lembaga akademik dapat dijadikan referensi bekerja seorang akuntan profesional. Hal yang ingin dituju pada studi ini yakni untuk mengidentifikasi gaji, kesempatan untuk maju, status sosial, nilai-nilai pribadi, dan pengaruh orang tua dalam membentuk keputusan kaum muda untuk mengejar karir akuntan publik. Universitas Dhyana Pura menjadi lokasi penyelidikan. 88 partisipan dari populasi jurusan akuntansi Universitas Dhyana Pura yang sudah menempuh Auditing I dan II berpartisipasi dalam studi kali ini. Regresi linier berganda dipilih dalam pengujian data. Penelitian menemukan bahwasanya menjadi akuntan publik dipengaruhi secara positif oleh faktor-faktor seperti keuntungan finansial, pelatihan dan pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, dan pengaruh keluarga.Kata kunci:PF, PLP, PP, NNS, LK, PIAbstractAll around Indonesia, students at the Faculty of Economics have a high need for accounting professionals. Professional accountants may work in public accounting firms, government agencies, large corporations, and academic institutions. The purpose of this research is to identify the role of salary, opportunities for advancement, social status, personal values, and parental influence have in shaping young people's decisions to pursue public accounting as a career. Dhyana Pura University was the site of the investigation. 88 participants from a population of accounting majors at Dhyana Pura University who have taken Auditing I and Auditing II participated in this research. Multiple linear regression was used to examine the data. The research found that being a public accountant was positively affected by factors like financial benefits, professional training and recognition, social values, the work environment, and family influence.Keywords:PF, PLP, PP, NNS, LK, PI
Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Hunian Kamar di The Aveda Boutique Hotel Ni Luh Dewi Melinia; Gusti Ngurah Joko Adinegara; I Gusti Bagus Rai Utama
JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA Vol 1, No 2 (2022): JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA (JAKADARA)
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.757 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini berjudul Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hunian Kamar Di the Aveda Boutique Hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat bagi The Aveda Boutique Hotel dalam meningkatkan hunian kamar, Metode dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang melibatkan 10 responden, dengan teknik analisis SWOT. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan total skor IFAS sebesar 3,18 dan total skor EFAS sebesar 3,01 yang berarti The Aveda Boutique Hotel berada pada kuadran I yaitu posisi Pertumbuhan. Dalam analisis SWOT, alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan yaitu, Meningkatkan pelayanan kepada tamu sesuai dengan SOP yang telah ada, memberikan potongan harga pada musim-musim tertentu sehingga dapat menarik minat konsumen, dan melakukan kerjasama dan hubungan baik dengan lingkungan di daerah Petitenget.Kata kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, The Aveda Boutique HotelAbstractThis research is entitled Marketing Strategy in Improving Room Occupancy at The Aveda Boutique Hotel. This study aims to determine the right marketing strategy for The Aveda Boutique Hotel to increase room occupancy. The method used in this study was purposive sampling involving 10 respondents, with a SWOT analysis technique. The types of data used are quantitative and qualitative data. The results showed that the total IFAS score was 3.18 and the total EFAS score was 3.01, which means The Aveda Boutique Hotel is in quadrant I, namely the Growth position. In the SWOT analysis, alternative marketing strategies that can apply are, improving service to guests by existing SOP, providing discounted prices in certain seasons so they can fascinate consumer interest, and cooperating and maintaining good relations with environment in the Petitenget area.Keywords: Marketing Strategy, Marketing Mix, SWOT Analysis, The Aveda Boutique Hotel
Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Menggunakan Metode Analisis Du Pont System Studi Kasus PT. Indofood Sukses Makmur dan PT. Mayora Indah Tbk Tahun 2016 – 2020 Ni Nyoman Eva Listyani; I Made Darmayasa; Ni Luh Sri Purnama Pradnyani
JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA Vol 1, No 1 (2022): JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.635 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT. Mayora Indah Tbk periode 2016-2020. Metode kuantitatif diterapkan untuk menguji kinerja keuangan menggunakan metode analisis Du Pont yang terdiri dari Asset Turn Over, Net Profit Margin, Return On Equity, Equity Multiplier dan Return On Equity. Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil perhitungan dengan metode analisis Du Pont diperoleh bahwa Equity Multiplier menunjukkan hasil yang cukup baik dibandingkan dengan yang lainnya. Rata – rata hasil analisis menunjukkan bahwa PT. Mayora Indah Tbk lebih tinggi dari PT. Indofood Sukses Makmur pada Asset Turn Over, Return On Investment, Equity Multiplier dan Return On Equity. Sedangkan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk hanya memperoleh rata – rata yang lebih tinggi dibandingkan PT. Mayora Indah Tbk pada Net Profit Margin. Kedua perusahaan sebaiknya meningkatkan penjualan dan modal serta menekan biaya dan utang.AbstractThis research aims to determine financial performance at PT. Indofood Sukses Makmur and PT. Mayora Indah Tbk for the period of 2016-2020. Quantitative method employed to measure the financial performance utilized Du Pont analysis instrument that consists of Asset Turn Over, Net Profit Margin, Return On Equity, Equity Multiplier and Return On Equity. The data utilized in this research is secondary data. The calculation results with Du Pont method analysis is obtained that Equity Multiplier shows is quite good result compared with others. The average analysis results show that PT. Matora Indah Tbk is higher than PT. Indofood Sukses Makmur on Asset Turn Over, Return On Investment, Equity Multiplier and Return On Equity. Meanwhile, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk only obtained higher average compared to PT. Indofood Sukses Makmur Tbk on Net Profit Margin. Both of companies should increase sales and capital and reduce costs and debt.
Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Chez Gado-Gado Restoran Seminyak, Bali Ni Luh Denti Damayanti; Putu Steven Eka Putra; Ni Putu Dyah Krismawintari
JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA Vol 1, No 1 (2022): JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (887.969 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh kepemimpinan, komunikasi, serta motivasi terhadap kinerja karyawan di Chez Gado-Gado Restoran Seminyak, Bali. Populasi yang dipakai ialah karyawan pada Chez Gado-Gado Restoran Seminyak, Bali dengan mengambil sampel sebanyak 33 karyawan. Data dianalisis memakai Analisis Regresi Linier Berganda, Korelasi Parsial, Korelasi Berganda, serta Koefisien Determinasi. Hasil yang didapatkan, yakni (1) kepemimpinan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. (2) komunikasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, (3) motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, (4) secara simultan kepemimpinan, komunikasi dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawanMengacu pada hasil, bisa disimpulkan bahwa kepemimpinan, komunikasi, serta motivasi sangat berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan di Chez Gado-Gado Restoran Seminyak, Bali.Kata kunci: Kepemimpinan, Komunikasi, Motivasi, Kinerja Karyawan Restoran.AbstractThis research aims to determine the influence of leadership, communication, and motivation on employee performance at Chez Gado-Gado Restoran Seminyak, Bali. The population in this research is the employees of Chez Gado-Gado Restoran, Seminyak, Bali and a sample of 33 is drawn. Data is analyzed using the multiple linear regression test, the partial correlation analysis, the multiple correlation analysis, and the coefficient of determination test. The results of the study found that (1) the leadership has a significant positive effect on employee performance, (2) the communication has a significant positive effect on employee performance (3) the motivation has a significant positive effect on employee performance, and (4) the simultaneous leadership, communication, and motivation have a significant effect on employee performance. Based on the result can be concluded that the leadership, communication, and motivation are very influential partially and simultaneous on employee performance at Chez Gado-Gado Restoran Seminyak, Bali.Keywords: Leadership, Communication, Motivation, Restaurant employee performance.
Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di The Haven Suites Bali Berawa Ni Kadek Dwi Julianingsih; Yeyen Komalasari; Ni Putu Dyah Krismawintari
JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA Vol 1, No 2 (2022): JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA (JAKADARA)
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.146 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di The Haven Suites Bali Berawa menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh dengan menggunakan sampel sebanyak 58 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan lingkungan kerja berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien regresi b1X1 yang bernilai positif sebesar 0,230 : b2X2 = 0,287 dan b3X3 = 0,576 dengan T-test X1= 2,173 : X2 ­= 2,350 dan X3 = 2,850. Secara simultan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) di The Haven Suites Bali Berawa. Hal ini dapat dilihat dari uji F (F-Test = 14,446) dimana Fhitung = 14,446 lebih besar dibandingkan dengan Ftabel = 2,78 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Serta, dengan analisis determinasi sebesar 51,1%.Kata kunci: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Lingkungan Kerja, Kinerja KaryawanAbstractThis study aims to determine the effect of intellectual intelligence, emotional intelligence, and work environment on employee performance at The Haven Suites Bali Berawa using quantitative methods with multiple regression analysis techniques. This study used a sample of 58 people using the saturated sampling method. The results showed that intellectual intelligence, emotional intelligence, and work environment had a partial and significant effect on employee performance with a regression coefficient of b 1 X 1, which had a positive value of 0.230 : b2X2 = 0.287 and b3X3 = 0.576 with a T-test. X1 = 2.173: X2 = 2.350 and X3 = 2.850. Simultaneously intellectual intelligence, emotional intelligence, and work environment positively and significantly affect employee performance (Y) at The Haven Suites Bali Berawa. This performance can find from the F test (F-Test = 14,446), where F count = 14.446 is greater than F table = 2.78 which means Ho is rejected and Ha is accepted. Moreover, with a determination analysis of 51,1%.Keywords: Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence, Work Environment, Employee Performance

Page 1 of 14 | Total Record : 138