Majalah Ilmiah MOMENTUM
Vol 7, No 1 (2011)

PENGARUH PELUMASAN TERHADAP DEFORMASI PLASTIS PADA KONTAK DUA BENDA

Bambang S. Hardjuno (Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Semarang Jln. Prof. Sudarto S.H. Tembalang, Semarang 50061)
Joga D. Setiawan (Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Semarang Jln. Prof. Sudarto S.H. Tembalang, Semarang 50275)
R. Ismail (Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Semarang Jln. Prof. Sudarto S.H. Tembalang, Semarang 50275)
J. Jamari (Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Semarang Jln. Prof. Sudarto S.H. Tembalang, Semarang 50275)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2011

Abstract

Running-in adalah suatu cara yang efektif untuk penyesuaian kontak dua komponen dalam situasi fungsional rolling dan atau sliding. Ada banyak perubahan parameter selama running-in, kimiawi atau mekanis. Namun, perubahan geometri-mikro karena keausan atau deformasi plastis dominan. Ketika dua permukaan benda padat saling menekan selalu akan terjadi deformasi kontak. Sebagai konsekuensi alami suatu interaksi dua permukaan yang saling bergerak relative akan berlangsung gesekan dan keausan antar muka. Gesekan dan keausan bukanlah sifat material, tetapi sifat sistem, tergantung material yang digunakan dan kondisi pengoperasian. Paper ini membahas deformasi plastis pada kontak dua benda kaitannya dengan pengaruh kondisi tanpa pelumasan dan menggunakan pelumas. Dalam penelitian ini menggunakan 7 macam rasio radius benda kontak dan dua kondisi pelumasan. Hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa kenaikan harga deformasi plastis untuk kondisi dengan pelumas lebih tinggi dari pada kenaikan deformasi plastis untuk kondisi tanpa pelumas. Kata kunci: Deformasi, pelumasan, rasio radius, rolling contact, running-in.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

MOMENTUM

Publisher

Subject

Education

Description

"MOMENTUM" adalah sebuah Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim dengan ISSN cetak 0216-7395. Terbit setahun dua kali yaitu tiap bulan April dan Oktober. Lingkup bidang yang dapat dipublikasikan di jurnal ini adalah teknik mesin, teknik kimia dan teknik ...