JS (Jurnal Sekolah)
Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018

KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI KELAS V SD NEGERI PEDURUNGAN KIDUL 02

Toto Sugiarto (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Ary Sutantyo (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Singgih Adhi Prasetyo (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2018

Abstract

Abstrak : Keefektifan Media Pembelajaran Adobe Flash Pada Model Pembelajaran Inkuiri Kelas V SD Negeri Pedurungan Kidul 02. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran adobe flash dan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA materi Daur Air dan Kegiatan Manusia yang Mempengaruhinya Kelas V SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang diambil adalah 66 siswa kelas VA dan VB dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Berdasarkan analisis hasil penelitian, menunjukan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran adobe flash dan model pembelajaran inkuiri. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 75,45 menjadi 90,45 dan kriteria ketuntasan minimum (KKM) 75.Kata Kunci : Adobe Flash, Model Inkuiri, Hasil Belajar IPA

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...