Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 6 No 2 (2023): Article Research Volume 6 Number 2, Juni 2023

Efek Lokasi dan Persepsi Merek Pada Keputusan Untuk Membeli Produk

Muhammad Idris (Program studi Pascasarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Baso Amang (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Serlin Serang (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Investigasi ini berupaya menentukan besarnya pengaruh lokasi dan citra merek pada pembelian produk. Investigasi difokuskan pada pelanggan McDonald's Cabang Pettarani, Kota Makassar. Dalam penyelidikan ini, variabel yang dianggap independen adalah lokasi dan citra merek, sedangkan variabel yang dianggap tergantung adalah keputusan konsumen untuk membeli. Studi ini terutama merupakan studi kuantitatif yang mencakup populasi 114.953 konsumen selama tahun pertama semester 2022. Ukuran sampel dihitung menggunakan rumus slovin; 100 responden digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi dan gambar merek memiliki dampak positif dan signifikan pada keputusan pembelian. Bahwa semakin baik lokasi dan citra makanan yang disediakan, semakin baik keputusan pembelian akan meningkat.

Copyrights © 2023