Majalah Ilmiah MOMENTUM
Vol 9, No 1 (2013)

ANALISA KONDUKTIVITAS TERMAL BAJA ST-37 DAN KUNINGAN

Sucipto Sucipto (Jurusan Teknik Mesin Fakultas TeknikUniversitas Wahid Hasyim Semarang Jl. Menoreh Tengah X/22 Semarang)
Tabah Priangkoso (Jurusan Teknik Mesin Fakultas TeknikUniversitas Wahid Hasyim Semarang Jl. Menoreh Tengah X/22 Semarang)
Darmanto Darmanto (Jurusan Teknik Mesin Fakultas TeknikUniversitas Wahid Hasyim Semarang Jl. Menoreh Tengah X/22 Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2013

Abstract

Dasar pengujian konduktivitas termal adalah mengukur beda suhu suatu bahan akibat adanya penambahan energi panas pada salah satu ujung bahan. Perencanaan ini didasarkan pada konsep konduksi, yaitu berdasarkan hukum kedua termodinamika konduktivitas panas dapat diukur jika terjadi perpindahan panas dari suhu yang tinggi ke suhu yang rendah. Tujuan dari rancang bangun alat uji konduktivitas  termal pada penelitian ini adalah untuk mengukur konduktifitas panas logam ST 37 dan Kuningan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa  logam yang dipanaskan dengan energi kalor tertentu, maka temperatur kedua ujung logam semakin lama akan semakin bertambah sedangkan konduktifitas termalnya akan semakin turun. Kata kunci : konduktivitas termal, konduksi, rancang bangun.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

MOMENTUM

Publisher

Subject

Education

Description

"MOMENTUM" adalah sebuah Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim dengan ISSN cetak 0216-7395. Terbit setahun dua kali yaitu tiap bulan April dan Oktober. Lingkup bidang yang dapat dipublikasikan di jurnal ini adalah teknik mesin, teknik kimia dan teknik ...