Center of Economic Students Journal (CSEJ)
Vol. 5 No. 1 (2022): January

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Produktivitas Pekerja Tekstil di Kota Makassar (Studi Kasus Pada Perusahaan Ugis T-Shirt)

Muh Aprilian (Program Studi Ilmu Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia)
Syamsu Nujum (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Aryati Arfah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Hukma Ratu Purnama (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Muh. Arif (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat produktivtas pekerja tekstil pada perusahaan Ugis Tshirt Makassar, dan untuk mengetahui apakah variabel pendidikan berpengaruh terhadap produktiftas, apakah variabel pengalaman kerja berpengaruh terhadap produktivitas, apakah variabel upah berpengaruh terhadap produktivitas, apakah variabel jenis kelamin berpengaruh terhadap produktivtas . Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan dengan sumber data primer dan sekunder, teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner pada perusahaan Ugis Tshirt di Kota Makassar, Responden yang diambil sebanyak 31 responden. Teknik pengambilan data yaitu data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner, observasi. Teknik analisis menggunakan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji Reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, kofisien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa variabel Pendidikan, Pengalaman kerja Upah dan Jenis kelamin berpengaruh positif terhadap dan signifikan terhadap variabel produktivitas. Maka perusahaan perlu meningkatkan produktivitas yang kondusif bagi karyawan. Apabila dimensi ini dapat tercipta dalam perusahaan, maka dapat menjaga dan meningkatkan produktivitas karyawan Ugis Tshirt Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CSEJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CESJ : Center Of Economic Students Journal is an economics journal/article published and updated on a regular basis by students from the Faculty of Economics at UMI that aims to serve as a place to accommodate ideas, scientific studies, and studies, as well as a conduit of information for academic ...