Panti asuhan LKSA Amanah Qurrota A’yuni merupakan salah satu panti asuhan yang mengelola rumah anakyatim dan dhuafa. Pendirian panti asuhan ini bertujuan mengasuh dan memberikan pelayanan kesejahteraan bagianak – anak khususnya dalam bidang memperluas ilmu pembelajaran, mengolah kepribadian/karakter anak, danmembentuk pribadi yang mandiri. Pendidikan pengetahuan telah diberikan oleh pihak panti dengan mendaftarkananak-anak ke sekolah formal, sedangkan untuk pendidikan karekter pihak panti sudah membekali anak-anakmelalui kegiatan spiritual yaitu mengaji. Pendidikan karakter yang telah diberikan dirasa masih kurang karenaperlu juga menumbuhkan nilai-nilai religius, nasionalis, produktif dan kreatif. Oleh karena itu hal inilah yangmenjadikan pertimbangan untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan memfasilitasi anak-anak panti untukmembentuk karakter melalui pengembangan soft skill khususnya dengan pembelajaran non akademik.Pembelajaran non akademik yang diberikan berupa kegiatan dan permainan yang menarik bagi anak-anak sepertitebak gambar dan tebak kata, menggambar objek dari bentuk, tebak ekspresi, bercerita dan menyanyi, kolaborasikelompok, bangun rumah-rumahan, dan memvisualisasikan objek dari huruf. Berdasarkan hasil pelaksanaankegiatan, pada antusiasme belajar anak-anak. Terdapat peningkatan hasil dari yang awalnya 77% anak – anakantusias untuk mengikuti pembelajaran soft skill, meningkat menjadi 100%. Pada aspek pemecahan masalah, yangawalnya hanya 50% anak – anak yang dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan permasalahan yang diberikan,setelah dilakukan kegiatan meningkat menjadi 87%.
Copyrights © 2022