Sewagati
Vol 5 No 3 (2021)

Pelatihan Dasar Programmable Logic Controller (PLC) Berbasis Daring Menggunakan PLC Fiddle Untuk Guru SMK di Surabaya

Adi Kurniawan (Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Juniarko Prananda (Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Eddy Setyo Koenhardono (Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Sardono Sarwito (Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Indra Ranu Kusuma (Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Agoes Ahmad Masroeri (Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2021

Abstract

Perkembangan pendidikan tingkat menengah di Indonesia saat ini sedang difokuskan untuk meningkatkan kuantitas maupun kualitas lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mampu memenuhi kebutuhan industri. Salah satu teknologi yang saat ini banyak digunakan di industri darat maupun di bidang maritim adalah teknologi otomatis berbasis Programmable Logic Controller (PLC). PLC merupakan salah satu mode kontrol otomatis yang memerlukan logika desain untuk menjalankan aturan dan langkah-langkah kontrolnya, sehingga diperlukan pengetahuan dan kemampuan untuk mendesain PLC. Namun demikian, dengan situasi pandemi Covid-19 menjadikan pembelajaran PLC menjadi lebih sulit dilakukan. Untuk mempelajari cara memprogram PLC, siswa maupun guru harus memasangkan piranti lunak yang membutuhkan kapasitas besar dan membebani komputer. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mempelajari pemrograman PLC melalui media daring, yaitu melalui PLC Fiddle. Media PLC Fiddle sendiri tergolong baru dan belum banyak diketahui oleh pengajar di Indonesia. Dengan dilakukan pelatihan dasar PLC melalui media daring kepada guru-guru SMK di Surabaya, diharapkan guru-guru SMK dapat tetap mengajarkan kemampuan untuk mendesain PLC kepada siswa sesuai kebutuhan industri walaupun dunia masih dilanda pandemic Covid-19. Selanjutnya, diharapkan bahwa para guru tersebut dapat mengaplikasikan ilmu dalam mendesain PLC dalam proses belajar mengajar, sehingga lulusan para lulusan SMK dapat memiliki kemampuan untuk mendesain PLC dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...