Sewagati
Vol 6 No 3 (2022)

Pengembangan Digitalisasi Industri Jasa Laundry dalam Rangka Meningkatkan Pangsa Pasar pada UKM 3cious

Erma Suryani (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Rully Agus Hendrawan (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Benyamin Limanto (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Fatharani Wafda (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Inayah Auliyah (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia dewasa ini semakin marak dan pada akhir tahun 2020 telah mencapai 64.2 juta unit. Perkembangan UMKM ini juga diiringi dengan berjalan nya transformasi digital melalui platform e-commerce, media sosial, dan kanal digital lain nya. Transformasi digital ini dialami oleh berbagai UMKM di Indonesia, tetapi transformasi ini tidak maksimal. Salah satu UMKM tersebut adalah UMKM 3cious. UMKM yang bergerak di jasa laundry sepatu ini beroperasi di Surabaya. UMKM ini telah memanfaatkan transformasi digital ini untuk meningkatkan pangsa pasar mereka, tetapi masih mengalami kendala di dalam penerapan nya. Penerapan transformasi digital memanfaatkan sosial media tidak dilakukan secara maksimal sehingga target pasar yang dituju tidak berkembang. Permasalahan ini perlu ditangani agar tidak mengganggu kelangsungan hidup dari UMKM itu sendiri. UMKM 3cious bersedia untuk menjadi studi kasus di dalam penelitian untuk menemukan serta memperbaiki permasalahan yang dihadapi. Teknik penelitian ini memanfaatkan metode Sistem Dinamik dengan mencari identifikasi dan faktor yang mempengaruhi pangsa pasar dan meningkatkan penjualan yang berakibat meningkatkan profit, serta mengembangkan model serta yang sesuai dengan tujuan dari UMKM 3cious sendiri. Model yang dikembangkan dari penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar dari UMKM ini, dan dapat digunakan sebagai rumusan strategi jangka panjang yang berfokus pada peningkatan pangsa pasar dan penjualan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...