Sewagati
Vol 6 No 3 (2022)

Rancang Bangun Pemanas Elektrik Produk Olahan Pertanian Berbasis Tubular Heater Element

Basuki Widodo (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Kamiran (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Nur Asiyah (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Meilia Tri Andari (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Berliana Fitria Dewi (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Sonya Nadhea Magdalyna (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Azaria Dhea Rismaya (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Tri Rahayuningsih (Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Universitas Wijaya Kusuma, Dukuh Kupang, Dukuhpakis, Surabaya 60225)
Marina Revitriani (Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Universitas Wijaya Kusuma, Dukuh Kupang, Dukuhpakis, Surabaya 60225)
Indira Yudha Wisnubaskara (Departemen Teknik Mesin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Dimas Aji Yudistira (Departemen Teknik Mesin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Provinsi Jawa Timur memiliki potensi dalam pertanian dan perkebunan yang melimpah, terutama untuk komoditas buah-buahan. Perilaku ekonomi dilakukan oleh para petani buah adalah berimprovisasi untuk memproduksi dan memasarkan olahan buah-buahan, seperti yoghurt dan fruit leather. Dalam hal ini, diperlukan alat pemanas untuk melakukan produksi yang ekonomis, efektif, dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun alat pemanas elektrik produk olahan pertanian berbasis tubular heater element sebagai alat utama dalam produksi yoghurt dan fruit leather. Pemanas elektrik produk olahan pertanian berbasis tubular heater element menjadi salah satu pengembangan yang dapat dijadikan alternatif sebagai bahan yang ramah lingkungan serta ekonomis. Penggunaan thermostat pada pemanas agar suhu dapat dijaga pada keadaan optimal antara 75°-85°C. Alat ini dibuat dalam dimensi panjang 90cm, lebar 60cm, dan tinggi 60cm. Prinsip kerja alat ini sama seperti oven, dan dapat digunakan pada semua jenis olahan pertanian, peternakan dan juga alat ini masih dapat dikategorikan sebagai alat yang ekonomis, efektif, guna mendukung perkembangan perekonomian dalam bidang pertanian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...