OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 1 (2022): OMEGA

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)

Yenni Novita Harahap (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan)
Siswadi Siswadi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Surdiyanti Surdiyanti (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Pendidikan matematika merupakan dasar dalam pendidikan, karena matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan disemua tingkatan sekolah dengan jumlah jam pelajaran yang disediakan relatif lebih banyak dibanding dengan mata pelajaran lainnya. Siswa pada tingkatan Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) akan menerima pelajaran matematika karena matematika adalah salah satu penguasaan yang mendasar untuk menumbuhkan tingkat penalaran bagi siswa. Namun, Prestasi belajar yang rendah merupakan bukti adanya kesulitan dalam belajar yang dialami oleh siswa, maka guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam memecahkan kesulitan belajar tersebut. Model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan prestasi belajar melalui kemampuan pemecahan masalah matematik. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal pemecahan masalah terdapat 7 siswa yang memiliki ketuntasan belajar, dengan persentase 17,5%. Setelah pemberian tindakan dengan pembelajaran Team Asssited Individulaization (TAI), diperoleh jumlah siswa yang telah mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah sebanyak 28 orang, dengan persentase 70%. Hal ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah hingga 52,5 %. Kemudian setelah diberikan tindakan II pada siklus II, jumlah siswa yang telah mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalahsebanyak 36 orang, dengan persentase sebesar 90%, ini berarti kemampuan memecahkan masalah mengalami peningkatan sebesar 20 % dari siklus I.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika adalah jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian dan pembahasan di bidang pendidikan matematika yang meliputi pendidikan dan pengajaran, strategi pembelajaran, kurikulum, media pengajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran. Jurnal ini diterbitkan ...