Sewagati
Vol 2 No 2 (2018)

Pengembangan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web pada SD Luqman Al Hakim Surabaya

Dwi Ratna Sulistyaningrum (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Budi Setiyono (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Didik Khusnul Arif (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Bandung Arry Sanjoyo (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Valeriana Lukitosari (Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2022

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu sarana belajar yang harus dimiliki oleh setiap sekolah. Peserta didik dapat dengan mudah mencari informasi atau ilmu pengetahuan di perpustakaan. Seiring dengan perkembangan teknologi, terjadi peralihan dari sistem konvensional (manual) menjadi sistem yang terkomputerisasi. Sistem perpustakaan yang masih manual tidak dapat melayani proses peminjaman dan pengembalian buku secara cepat dan akurat. Pada saat ini pemanfaatkan fasilitas website yang terhubung ke internet, sangat menunjang pengembangan sistem informasi, salah satunya aplikasi perpustakaan. Apabila aplikasi perpustakaan sudah berbasis web maka peserta didik dapat melakukan pencarian dan pemesanan buku secara cepat, dimanapun dan kapanpun. SD Luqman Al Hakim Surabaya merupakan salah satu sekolah yang mempunyai perpustakaan dengan berbagai jenis koleksi buku yang jumlahnya sangat banyak, selain itu aktifitas transaksi peminjaman sekitar 150 per hari. Oleh karena itu pada makalah ini, sebuah aplikasi perputakaan berbasis web dikembangkan dengan studi kasus SD Luqman Al Hakim Surabaya. Hasil yang diharapkan dari pengembangan aplikasi perpustakaan ini adalah mampu mengatasi berbagai kebutuhan dari user untuk mencari buku dan melakukan pemesanan serta memudahkan administrasi sekolah dalam sirkulasi peminjaman buku dan pembuatan laporan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...