Sewagati
Vol 5 No 1 (2021)

Pemetaan Desa Menggunakan Metode Partisipatif untuk Pembangunan Desa dan Kawasan (Desa Ngepung, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur)

Eko Yuli Handoko (Departemen Teknik Geomatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Yuwono (Departemen Teknik Geomatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Karina Pradinie Tucunan (Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Desa Ngepung, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu desa tertinggal di Propinsi Jawa Timur. Beberapa permasalahan yang ada seperti: kurangnya air bersih, sanitasi dan akses jalan yang sangat minim. Dibutuhkan perencanaan pembangunan agar desa dapat mandiri dan lepas dari ketertinggalan. Diperlukan data yang digunakan dalam perencanaan pembangunan, salah satunya informasi geospasial atau diseput peta. Dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat ini, kegiatan bertujuan untuk membuat Peta Desa dengan menggunakan wahana Drone. Peta desa juga mengfasilitasi keinginan masyarakat dalam perencanaan pembangunan dengan cara melibatkan masyarakat dalam pembuatan peta tersebut (metode partisipatif).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...