JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 5 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Mengembangkan Higher Order Thinking Skills dan Prestasi Belajar melalui Elaborasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains

Surayanah Surayanah (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Lewa Karma (Kementerian Agama Kabupaten Buleleng Provinsi Bali, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber daya material dan rangsangan dari lingkungan mengakibatkan terhambatnya higher order thinking skills bagi siswa yang menimbulkan rendahnya keterampilan berpikir siswa. Guru tidak yakin dengan strategi dan metode yang tepat digunakan dalam proses belajar, dan tidak adanya seperangkat pedoman dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya mengembangkan higher order thinking skills dan prestasi belajar melalui elaborasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control group design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa higher order thinking skills (HOTS) siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan model elaborasi nilai-nilai kearifan lokal “Tri Hita Karana”, lebih baik daripada menerapkan model konvensional. Prestasi belajar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan model elaborasi nilai-nilai kearifan lokal “Tri Hita Karana”, lebih baik daripada menerapkan model konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...